Berita

Warek III Dorong Mahasiswa IAIN FM Raih Prestasi di MTQ

(www.iainfmpapua.ac.id) –  Wakil Rektor (Warek) III Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd mendorong mahasiswa untuk dapat meraih prestasi di Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

“Lomba MTQ di tiap distrik kemarin dapat digunakan sebagai ajang mengasah bakat untuk selanjutnya ikut tingkat kota, provinsi dan nasional,” ujarnya kepada Tim Humas IAIN Fattahul Muluk Papua, 2 Maret 2020.

Nabil dan Alan menerima penghargaan juara

Menurutnya, kegiatan MTQ adalah kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk menunjukkan ketrampilan di berbagai mata lomba. “Banyak potensi mahasiswa kita untuk kegiatan ini, yang mana tidak sekedar membawa nama baik mahasiswa tetapi juga mengenalkan almamater lembaga kita, bahwa kompetensi mahasiswa ini bukan hanya akademiknya akan tetapi non akademik juga,” jelasnya.

Bahkan, lanjutnya, mata lomba dalam MTQ ini juga dilombakan pada lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) se-Indonesia dalam wadah PIONIR (Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset).

Sebelumnya, beberapa mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua mendapatkan juara pada lomba MTQ di berbagai wilayah. Mereka mewakili tingkat distrik pada Kota dan Kabupaten Jayapura tanggal 23 Februari 2020 lalu.

Warek III Dr H Talabudin Umkabu

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Siti Fatimah mendapatkan Juara 1 Putri cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-qur’an mewakili Distrik Heram. “Saat ini saya sedang menyiapkan buku-buku untuk menambah referensi dalam tulisan saya dan saya juga sedang belajar retorika berbicara agar tidak gugup saat presentasi,” canda Fatimah saat dihubungi  tim Humas IAIN Fattahul Muluk Papua. Ia bersyukur mendapatkan bimbingan dari Kasubag Tata Usaha lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ( LP2M) IAIN Fattahul Muluk Papua Muhamad Yusuf dan keluarga besar LP2M IAIN Fattahul Muluk Papua .

“Semoga saya bisa memberikan yang terbaik di tingkat selanjutnya,” harapnya.

Senada dengan Fatimah, mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Mashalah Marassabessy memperoleh Juara 2 Putra cabang Lomba Menulis Makalah Ilmiah Alquran mewakili Distrik Waibu Kabupaten Jayapura. “Saya ingin menggali bakat saya dalam dunia penulisan apalagi lomba yang saya ikuti ini berlandaskan perspektif Al-Qur’an,” ujar Alan, panggilan akrabnya. Untuk menuju lomba MTQ tingkat provinsi, Alan mengaku sudah melakukan persiapan yang terbaik. Ia berharap keikutsertaanya dapat memotivasi mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua yang lain untuk berani menunjukkan bakatnya dan terjun dalam segala lomba.

Sementara itu, Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Fattahul Muluk Papua Nabila Aulia Aprilita juga mendapatkan Juara 1 cabang Lomba Menulis Makalah Ilmiah Alquran mewakili Distrik Waibu, Doyo Baru Kabupaten Jayapura. “Saya tidak menyangka, karena ini pertama kalinya saya mengikuti lomba MTQ, katerogi M2KQ, dan Alhamdulilah langsung mendapatkan Juara 1,” urainya.

Ia berharap di tingkat selanjutnya juga akan mendapat Juara 1 agar dapat membanggakan nama kampus IAIN, nama TPQ, dosen pembimbing, fakultas, Prodi, dan orang tua. “Belajar menulis karya ilmiah bermanfaat selain dalam mengerjakan tugas sudah sesuai dengan sistematika penulisan yang benar, juga bisa dijadikan sebagai sarana melihat kemampuan kita dalam mengikuti lomba,” paparnya. Sedangkan Muhammad Abdul Aziz, Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua meraih Juara 1 lomba Karya Tulis Ilmiah Al-qur’an mewakili Distrik Heram. “Ini adalah awal yang baik untuk saya agar saya dapat mengasah lagi dalam membuat karya tulis yang lebih matang lagi,” ungkapnya.

Siti Fatimah

Ia berharap dapat melanjutkan lomba ke tingkat Kota Jayapura agar meraih pengalaman lebih banyak lagi dalam karya tulis ilmiah. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments