Berita

LPM IAIN Papua Gelar Workshop Pengembangan RPS Terintegrasi

(www.iainfmpapua.ac.id) – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Workshop Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Terintegrasi secara virtual, 11 November 2020. Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menginginkan agar aspek-aspek akademik dapat mengikuti perkembangan terbaru sesuai aturan yang telah disepakati bersama.

“Jika sebelumnya menyusun bahan ajar harus dilakukan secara manual, maka di jaman new normal harus mencoba mengembangkan pola yang memadukan sistem non digital dan konsep digital yang berkembang saat ini,” jelasnya. Selain itu, Rektor meminta LPM untuk membuat aplikasi dokumen dosen. “Jadi, aktifitas dosen akan terupdate, terpantau, terdokumentasikan oleh aplikasi secara baik dan benar,” terangnya. Ia berharap agar webinar kali ini dapat menghasilkan dosen yang mampu membuat RPS dengan maksimal.

Kolase Tangkapan Layar Webinar LPM

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LPM IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Siti Rokhmah, M.Pd menegaskan bahwa Workshop Pengembangan RPS Terintegrasi adalah workshop yang istimewa untuk para dosen. “Karena itu, dosen jangan melewatkannya, penyusunan pengembangan RPS ini merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya di tahun 2017,” ungkapnya. Workshop ini bertujuan untuk membekali dosen dalam mengembangkan RPS sesuai dengan Permendikbud 3/2020 di era ‘Merdeka Belajar, Kampus Merdeka’. Menurutnya, standar pendidikan mengharuskan kepada setiap dosen untuk dapat menyiapkan RPS sesuai standar yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan. “Saya berharap kegiatan online ini tidak kalah dengan offline, tidak menyurutkan semangat teman-teman Dosen untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dari awal hingga akhir,” harapnya.

Webinar RPS Terintegrasi ini menghadirkan Narasumber Wakil Rektor I IAIN Ponorogo Dr. Basuki, M.Ag, dan Ketua LPM IAIN Kendari Dr. Asliyah Zainal, M.A. Dalam materinya, Dr. Basuki menjelaskan dan memandu peserta dalam mengisi lembar kerja sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) di semua Program Studi. Workshop pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Terintegrasi yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 11-12 November 2020 diikuti oleh para Dosen IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments