Berita

Lulusan Fakultas Syariah Harus Mampu Aplikasikan Ilmu di Masyarakat

(www.iainfmpapua.ac.id) – Lulusan Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk yang terdiri dari Program Studi (Prodi) Hukum Tata Negara (HTN), Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Hukum Ekonomi Syariah (HES) harus mampu mengaplikasikan ilmu kepada masyarakat. Dekan Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Eko Siswanto, M,H mengatakan hal tersebut dalam sambutannya di acara Yudisium Fakultas Syariah di Ggedung Kuliah terpadu IAIN Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih Buper Waena, Kota Jayapura, 15 Juli 2020.

”Mahasiswa yang sudah lulus harus mampu mengambil peran di masyarakat sesuai potensi yang kalian miliki,“ ujar Eko. Ia juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang sudah diyudisium. Ia mengatakan akan lebih meningkatkan program manajemen fakultas lebih baik lagi dengan service pelayanan akan lebih dioptimalkan. “Ini semua untuk mampu menghasilkan mahasiswa yang berkualitas,” ungkapnya. Eko berharap mahasiswa yang sudah lulus selalu memberikan informasi tentang kesuksesan mereka di masyarakat dan selalu menjaga silaturahmi dengan keluarga Fakultas Syariah.

Pengukuhan peserta Yudisium

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si juga mengapresiasi kelulusan mahasiswa Fakultas Syariah. ”Jagalah almamater kalian dan beri  yang terbaik kepada kampus IAIN Fattahul Muluk Papua,” papar Rektor. Menurutnya untuk mahasiswa lain yang melakukan yudisium harus sudah menyelesaikan administrasi dan persoalan akademik yang ada. ”Sesuai ketentuan standar nasional mahasiswa tidak boleh diluluskan jika IPK di bawah 2,75, jadi usahakan dengan sebaiknya-baiknya agar mendapat nilai sesuai ketentuan,” urainya. Rektor meminta kepada peserta yudisium untuk berperan aktif di masyarakat dan memiliki keterampilan yang tidak dimiliki orang lain.

”Jangan lupa ajak masyarakat agar lebih dekat lagi kenal dengan kampus IAIN Fattahul Muluk Papua, agar mereka berminat untuk mendaftar menjadi mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua,” ungkapnya. Sebagai mahasiswa terbaik dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) 3, 91, Natasya Aulia Husain, SH dalam kesan dan pesannya menyampaikan rasa bangga menjadi keluarga besar IAIN Fattahul Muluk Papua. ”Terima kasih kepada Rektor dan jajarannya, Dekan, Kaprodi dan Dosen tanpa hentinya memberikan motivasi, mendidik, memberikan ilmu kepada kami hingga kami menjadi insan yang cerdas,” kesannya. Tasya, panggilan akrabnya, berharap dengan gelar yang diterimanya dapat meningkatkan power sebagai mahasiswa agar berguna di masyarakat.

”Hari-hari telah dilewati bersama, akan jadi nyanyian indah entah nanti kalian ada dimana, jangan pernah puas akan hasil yang kita dapatkan saat ini, ini bukan akhir, ini adalah awal untuk membuka lembaran-lembaran baru kita, kita berpisah untuk bertemu kembali dengan suasana yang beda,” pungkasnya.

Acara yudisium yang diikuti 31 peserta ini dihadiri perwakilan pejabat dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments