Berita

Momentum Muharram HMPS PAI: Pemuda Islam Harus Lebih Baik Kualitasnya

Foto Bersama HMPS-PAI dengan Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah dan Kaprodi PAI

(www.iainfmpapua.ac.id)- Di Tahun Baru Islam, Pemuda Islam harus baik kualitasnya. Ustad Sigit Purwaka, M.Pd.I menyampaikan hal ini dalam ceramah Peringatan Tahun Baru 1 Muharram 1442 H yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS)-Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua di Masjid Kampus IAIN Fattahul Muluk Papua, 20 Agustus 2020.

“Di tantangan kekinian di jaman milenial, menjadi pemuda sholih saja tidak cukup,” paparnya.

Dalam ceramahnya Sigit mengajak pemuda Islam untuk berhijrah di tahun baru Islam ini. “Ayo Hijrah karena  pemuda Islam itu harus memiliki kualitas diri lebih baik lagi”, ungkapnya. Menurutnya, pemuda itu harus lurus Aqidahnya, mantap ibadahnya, mulia akhlaknya, kuat fisiknya, luas wawasannya serta produktif hidupnya. “Pemuda itu setidaknya juga mandiri secara finansial, pandai mengatur waktu, mampu mengendalikan nafsu, dan menebar manfaat bagi seluruh alam”, pesannya.

Sementara itu, Wakil dekan I Fakultas Tarbiyah Dr. Zulihi, M.Ag dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Saya bangga HMPS-PAI selalu aktif dan mengadakan kegiatan yang sangat mendukung tercapainya visi-misi Prodi PAI dan Fakultas Tarbiyah”, terangnya.

Ia mengatakan dengan adanya HMPS PAI diharapkan sebagai wadah untuk menghimpun berbagai bidang kegiatan mahasiswa  baik yang bersifat akademik maupun non akademis.

“Semoga seluruh mahasiswa yang tergabung dalam organisasi HMPS PAI khususnya dan umumnya mahasiswa Fakultas Tarbiyah dapat instrospeksi diri dengan cara berhijrah kearah yang jauh lebih produktif dan dapat melakukan inovasi-inovasi melalui program-program nyata demi kemajuan Program Studinya,” jelasnya. Ia juga berpesan diawal tahun baru Islam 1442 Hijriah ini, setiap mahasiswa harus peka terhadap dinamika perkembangan yang ada saat ini  dan mampu untuk menganalisa peluang ataupun tantangan sehingga menjadi motivasi untuk meraih masa depan lebih cerah.

Dikesempatan yang sama, Ketua HMPS PAI Joko Sahid dalam sambutannya juga mengajak para mahasiswa untuk menjadikan tahun baru ini sebagai momentum menjadi pribadi yang lebih baik.

“Kegiatan ini merupakan bagian program kerja bidang keagamaan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa PAI,” terang Muh Sahrul Koordinator Keagamaan HMPS-PAI.

Acara Peringatan Tahun Baru 1 Muharram 1442 H dihadiri oleh Mahasiswa dan Dosen di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Min/Zul/Her/Ran).

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments