Berita

Prodi PAI Akan Gandeng Asosiasi Profesional

(iainfmpapua.ac.id) –Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) akan menggandeng asosiasi profesional untuk memperuas jaringan dan kerjasama bidang pendidikan. Ketua Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua A. Ubaidillah, M.Pd menyampaikan hal ini dalam kegiatan Webinar ‘Pembuatan Bahan Ajar PAI’, 13 November 2021.

“Kami berkomitmen akan terus bergerak menggandeng seluruh sektor professional,” ucapnya. Menurutnya, memperluas jaringan kerjasama bertujuan untuk mendapatkan kebaharuan dalam keilmuan, baik teori maupun praktis yang terdapat di kalangan masyarakat luas saat ini.

“Pelaksanaan pelatihan ini sangat berguna bagi mahasiswa PAI dan guru PAI di Kota Jayapura, bahwa kebaharuan pelaksanaan proses pembelajaran haruslah diupdate, sehingga kebutuhan masyarakat bisa kita jawab dengan kebaharuan ilmu pengetahuan tersebut,” tuturnya.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Zulihi, M.Ag menegaskan bahwa pergeseran paradigma dalam bidang pendidikan kearah Teknologi informasi berimplikasi pada kualitas guru. “Kita harus mampu membangun guru yang mampu bertindak professional, kompeten dan kompetitif serta komitmen dalam memajukan pengetahuan, pelatihan, skils dan prestasi peserta didik,” paparnya.

Dekan menjelaskan rencana pemerintah merivisi kurikulum K-13 menjadi kurikulum sekolah penggerak K-21. “Karenanya penting untuk diadakan Webinar Pelatihan Pembuatan Modul dan Bahan Ajar Budi Pekerti Kurikulum Sekolah Penggerak K-21 seperti ini, terlebih ini disajikan oleh Instruktur Nasional Sekolah Penggerak Kemendikbud 2021,” tuturnya. Pihaknya mengapresiasi langkah dan kerja Ketua MGMP PAI Provinsi Papua, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kota Jayapura dan Ketua Program Studi PAI Fakultas Tarbiyah IAIN FM Papua yang responsif dengan perkembangan dan dinamika yang ada.

Sementara itu SekretarisMusyawarah Guru Mata Pelajaran(MGMP) PAI Kota Jayapura Ainul Yakin, M.Pd menuturkan bahwa webinar MGMP PAI menjadi alternatif kegiatan belajar yang fleksibel untuk saat ini. “Kegiatan ini dapat mengetahui perkembangan regulasi pembelajaran PAI khususnya materi kurikulum terbaru tentang PAI,paling tidak kita sudah mendapat informasi materi online, dari narasumber yang berkompeten sesuai bidangnya,” urainya.

Kegiatan hasil kerjasama MGMP PAI Kota Jayapura dan Prodi PAI IAIN Fattahul Muluk Papua ini menghadirkan narasumber Instruktur Nasional Penggerak Kemendikbud 2021 D.I. Yogyakarta. Webinar ini diikuti para Guru PAI, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PAI, sertamahasiswa dan dosen PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua.(Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments