Berita

Hadirkan Pengusaha, Prodi ES Gelar ‘Praktikum Kewirausahaan’

Imam Wahyudi, ME

(iainfmpapua.ac.id) – Program Studi Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan ‘Praktikum Kewirausahaan’, di aula kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 17 November 2021. Ketua Panitia Kegiatan Imam Wahyudi M.E menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang kewirausahaan. “Selain itu, kegiatan iniakan memberikan pengetahuan baru dan sharing pengalaman pengusaha kepada para mahasiswa seputar dunia usaha,” tuturnya. Ia mengatakan,Praktikum Kewirausahaan akan diisi oleh founder ‘Piscok (Pisang Coklat) Berkah’ Achmad Basyir dengan tema ‘Model Bisnis Rasulullah’. “Kemudian juga akan ada materi Set Up Your Mind to be an Enterpreneur yang akan dibawakan oleh Abdul Karman M.Pd,” paparnya.

Dr. M Anang Firdaus, MFil.I

Dalam sambutannya, Dekan FEBI Dr. M. Anang Firdaus, M.Fil.Imenyebutkan bahwa kegiatan ini diharapkan menyeimbangkan tiga hal yang sangat dibutuhkan mahasiswa saat ini. “Praktikum Kewirausahaan akan bermanfaat menyeimbangkan antara hard skill, soft skill dan karakter, yang mana saat ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa untuk bersaing didunia kerja nantinya,” ujarnya. Dengan langsung mendatangkan praktisi, lanjutnya, diharapkan mahasiswa dapat menyerap banyak pengetahuan secara langsung dan membangun relasi yang baru. Dekan juga berharap kegiatan ini akan berlanjut di masa yang akan datang. “Kedepan setelah kegiatan ini mahasiswa harus aktif mengembangkan kompetensi dan ilmu yang didapatkan,dan diimplementasikan,” pungkasnya.

Pemateri dalam kegiatan ini, Abdul Karman M.Pd memberikan tips kepada para mahasiswa untuk memulai usaha.

Abdul Karman, MM

“Untuk memulai usaha kita harus menggali potensi diri untuk menjadi orang yang kreatif dan jeli dalam melihat situasi dan kondisi,” urainya. Menurutnya, wirausaha adalah kegiatan yang beresiko tinggi. “Oleh karena itu perlu untuk membentuk karakter awal untuk menjadi seorang wirausahawan,” ungkapnya. Abdul Karman mendorong generasi muda mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua untuk memulai terjun dalam dunia wirausaha mulai saat ini. Pembukaan Praktikum Kewirausahaan dihadiri para pejabat dan dosen FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua. Kegiatan ini diikuti para mahasiswa yang berasal dari Program Studi Ekonomi Ssyariah dan Perbankan Syariah FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments