Berita

Siap Ambil Peran, Mahasiswa HKI Harus Berlatih Berorganisasi

(iainfmpapua.ac.id) –  Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam harus berlatih berorganisasi untuk mengambil peran penting dalam kehidupan bermasyarakat di masa depan. Plt. Dekan Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Moh. Wahib, Lc, MA menyampaikan hal ini pada sambutan Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Keluarga Islam (HKI) periode 2022-2023 di aula kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 3 November 2022.

“Menjadi pengurus juga sebagai latihan dalam berorganisasi, karena bisa jadi 15 atau 20 tahun lagi mungkin kalian akan menjadi kepala daerah, gubernur, walikota dan sebagainya,” ucapnya. Untuk itu, lanjutnya, kesempatan berorganisasi harus dimanfaatkan mahasiswa dengan sebaik-baiknya. “Jaga amanah dan wewenang yang sudah kalian dapat, silakan ekspresikan dan aktualisasikan potensi kalian sesuai bidang  masing-masing,” paparnya. Wahib meyakinkan kepada para pengurus agar siap menghadapi tantangan dalam mewujudkan program kerja HMPS. “Usai pelantikan, tindaklanjuti dengan rapat kerja, dan jangan lupa untuk elalu mempublikasikan kegiatan kalian di media sosial agar masyarakat dan warga kampus tahu apa yang dikerjakan HMPS HKI,” imbuhnya. Dekan Syariah mendorong para pengurus menggelar berbagai kegiatan seperti diskusi, seminar, kerjasama dengan HMPS kampus lain, dan kegiatan lain dalam upaya pengembangan bakat dan kemampuan akademik mahasiswa. “Kalau di bidang wirausaha dan ekonomi, anda bisa kerjasama dengan teman-teman HMPS di FEBI, atau yang lain,” ucapnya. Di akhir sambutannya, Wahib mengajak para pengurus bersemangat berkarya untuk masa depan.

Ketua Umum HMPS HKI Moh. Ridwan menyampaikan rasa hormat kepada semua pihak yang mendukungnya menjadi ketua HMPS HKI 2022-2023. “Terimakasih kepada teman, kakak, adik yang sudah memberi amanah ke saya, semoga HMPS HKI menjadi wadah literasi, agar kita tidak apatis terhadap lingkungan kita,” terangnya. Ia mengajak semua pengurus berkarya dengan ahlakhul kharimah dan mampu memberi manfaat kepada semua pihak. Dekan Syariah juga melantik Adiva Nur Khotimah sebagai sekretaris. Kepengurusan HMPS HKI juga diisi bendahara, bidang Pendidikan dan Pengembangan intelektual, bidang Keagaaman dan Kerohanian, bidang Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif, bidang Pemberdayaan Perempuan, bidang Pengembangan Minat Bakat, bidang Social Media dan Publikasi. Kegiatan dengan tema ‘Mewujudkan Kepemimpinan Yang Kuat Dalam Mengemban Amanah’ ini diikuti para mahasiswa Prodi HKI Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments