Berita

Warek I : Jangan Lupakan Pendidikan Karakter

(iainfmpapua.ac.id) – “Jangan lupakan pendidikan karakter kepada siswa di sekolah,” ucap Wakil Rektor (Warek) I Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd saat menyampaikan sambutan pada Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Tarbiyah secara virtual, 6 September 2021.

Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd

Menurutnya, kita telah mampu memberikan pendidikan dan pengajaran pada setiap mata pelajaran kepada siswa di sekolah dengan baik, namun kita seringkali terlupa memprioritaskan pendidikan karakter.

“Di sana ada pendidikan tentang akhlak dan budi pekerti yang religius,” tuturnya mewakili Rektor. Pendidikan karakter ini akan ikut menentukan perilaku para peserta didik di masa depan. “Tidak jarang kita melihat anak yang pintar dalam semua mata pelajaran, tapi dia tidak dapat bertindak sopan, dan cenderung berkelakuan tidak baik di masyarakat,” jelasnya.

Warek I meminta para mahasiswa peserta PPL juga menjadikan pendidikan karakter sebagai santapan utama dalam proses pembelajaran.

“Selain itu, Saya berpesan kepada saudara untuk memastikan bahwa seluruh kewajiban akademik dan administrasi harus sudah selesai sebelum terjun PPL,” paparnya.

Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Zulihi, M.Ag mengingatkan para mahasiswa PPL untuk membuat laporan dengan lengkap.

“Anda akan dinilai dari laporan yang akan dibuat, jadi meskipun PPL ini virtual, tapi anda harus menjalaninya dan mengerjakannya dengan maksimal,” urainya.

Dekan menegaskan agar para mahasiswa berkonsultasi dengan dosen pembimbing secara terus-menerus. “Komunikasi ini penting untuk menjaga kualitas anda mengajar siswa dari waktu ke waktu,” pesannya.

Ketua Panitia PPL Ika Putra Viratama, M.Pd menyampaikan, pembekalan PPL diikuti 144 peserta yang terdiri dari 119 mahasiswa, dan 25 narasumber.

“Pembekalan PPL ini untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum terjun PPL, memberikan pengenalan pada lingkungan akademik sekolah, dan mempersiapkan mahasiswa menjadi calon guru untuk memajukan pendidikan di Indonesia,” terangnya.

Pembekalan PPL berisi materi kebijakan umum, tata tertib, perangkat mengajar dalam sistem daring, dan materi lainnya. Pembukaan Pembekalan PPL ini juga diikuti para Wakil Dekan, Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian, dan Dosen di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments