Berita

HMPS Perbankan Syariah Ajak Milenial Menulis

(iainfmpapua.ac.id) – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua mengajak kaum milenial untuk aktif menulis melalui Workshop Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dengan tema ‘Milenial Menulis’ secara virtual, 6 September 2021. Ketua Program Studi Perbankan Syariah, Fachrudin Fiqri Affandy, M.E mengatakan, workshop ini diharapkan dapat membantu menghasilkan para lulusan yang aktif menulis dalam berbagai bidang.

Tangkapan Layar Fachrudin Fikri Affandy, M.E

“Kami ingin mahasiswa dapat bersaing, kami mencoba membekali mahasiswa FEBI untuk senantiasa belajar keilmuan secara teoritis maupun soft skillnya,” urainya.  Saat aktif kuliah maupun setelah lulus, semangat mahasiswa diharapkan tetap terjaga untuk menghasilkan karya. “Lebih spesifiknya ke karya ilmiah, outputnya nanti yaitu keterlibatan mahasiswa untuk mengikuti lomba-lomba menulis bernuansa ilmiah,” ujarnya.

Dosen FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua Ira Eka Pratiwi, M.Si, menekankan pentingnya menulis artikel dan mempublikasikannya. “Karena itu adalah syarat kelulusan mahasiswa perguruan tinggi, baik sarjana, magister maupun doktoral,” ujar mahasiswa Program Doktoral Kyunghee University, Korea Selatan ini. Menurutnya, ilmu pengetahuan terus mengalami peningkatan. “Ada beberapa persiapan sebelum memulai untuk menulis yaitu, luruskan niat, mencari topik sesuai bidang, membaca dan mereview literatur, lalu tentukan metode analisis yang tepat untuk mengolah data,” paparnya. 

Tangkapan Layar Ira Eka Pratiwi, M.Si

Pemateri lain dalam workshop ini adalah Masaalah Marasabessy, SE, Alumni Prodi Perbankan Syariah, yang pernah meraih Juara 1 pada lomba essay tingkat nasional tahun 2020. “Mari perbanyak membaca, sebagaimana tulisan Pramoedya, jika engkau ingin mengenal dunia perbanyaklah membaca, dan jika engkau ingin dikenal dunia, maka menulislah,” ungkap Alan, panggilan akrabnya.  

Alan yang sedang menempuh Program Magister Ekonomi Syariah di UIN Malang ini berpesan kepada mahasiswa untuk lebih produktif dan kreatif melalui tulisan. “Bisa dimulai dari lingkungan sekitar, maupun berbagai referensi dari internet,” pungkasnya.

Tangkapan Layar Masaalah Marasabessy, S.E

Dekan FEBI Dr. M. Anang Firdaus, S.Ag. M.Fil.I menegaskan bahwa semua mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk dapat memiliki skill menulis. “Intinya harus sering dilatih,” imbuhnya. Ia berharap kegiatan ini memberikan semangat positif kepada mahasiswa lain untuk berlomba-lomba meningkatkan kemampuan menulis.

“Kalian semua adalah aset FEBI, jadikan insan yang produktif, berkompeten, sehingga secara langsung dan tidak lagsung dapat mengangkat nama FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua ke publik,” tuturnya.

Pembukaan workshop bersama Moderator Shilvi Nurhaliza ini dihadiri perwakilan pejabat dan dosen di lingkup FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments