Berita

Yudisium Fakultas Tarbiyah : Jadilah Teladan di Masyarakat

(iainfmpapua.ac.id) – Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar ‘Yudisium Gelombang II Tahun 2022’ di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 6 Oktober 2022.

Rektor menyematkan selempang ke peserta yudisium

Dalam sambutannya, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd berharap agar Alumni Fakultas Tarbiyah mampu menjadi teladan di tengah masyarakat. “Dengan menerapkan keilmuan yang kalian miliki secara linear serta mempergunakan  ilmu yang kalian dapat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan bidang ilmu kalian masing-masing,” terangnya. Rektor juga menekankan pentingnya menjaga sikap dan perilaku sebagai alumni. “Setelah lulus kalian harus terus berkontribusi dengan membawa nama baik kampus dengan menunjukkan bahwa kalian adalah alumni kampus yang berkualitas,” ujarnya. Selain itu, yudisium juga merupakan suatu moment penting seorang mahasiswa dalam dunia pendidikan. “Karena dengan yudisium kalian baru bisa resmi mendapat dan menyandang gelar keilmuan sarjana kalian,” imbuhnya.

Dalam sambutan sebelumnya, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Zulihi, M.Ag berpesan kepada para mahasiswa yang dikukuhkan agar tetap terus berkarya, berinovasi dan berkreativitas. “Teruslah berkembang dan semangat untuk terus belajar menerapkan keilmuan yang kalian miliki serta memperbaiki diri,” tuturnya. Yudisium merupakan tahap awal bagi para alumni untuk dapat mempertanggung jawabkan gelar dan keilmuan yang sudah diperoleh. “Berkreasi dengan mengabdi pada masyarakat merupakan salah satu bentuk pertanggung jawaban,” paparnya.

Arfa Madina, mahasiswi Prodi Tadris Matematika mewakili para lulusan Fakultas Tarbiyah menyampaikan terimakasih kepada para dosen yang sudah mendidik serta memberikan ilmu dan pengalaman selama menjadi mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua. “Sehingga kami bisa menjadi insan yang cerdas dan berdaya saing tinggi serta mampu menyelesaikan tugas akhir kami,” ujarnya. Arfa juga menyampaikan rasa bangga pada rekan-rekan seperjuangannya yang telah mampu menyelesaikan tugas akhir skripsi. “Ini merupakan salah satu bukti bahwa kami mampu menyelesaikan kewajiban kami dengan baik,” tuturnya. Menurutnya, dunia perkuliahan juga mengajarkan banyak hal. “Mulai dari ilmu baru, teman baru dan dosen dengan beragam ilmu yang luar biasa, kami juga belajar tentang arti sebuah perjuangan, pantang menyerah, pengorbanan serta komitmen,” imbuhnya.

Dekan Tarbiyah mengukuhkan 82 lulusan Fakultas Tarbiyah. Fajar Dwi Mukti, M.Pd selaku ketua panitia memaparkan rincian lulusan “30 orang dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 15 orang dari prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), 4 orang dari prodi Tadris Matematika, 5 orang dari prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), dan 16 orang dari prodi Tadris Bahasa Inggris,” pungkasnya. Kegiatan yudisium ini dihadiri wakil dekan, para pejabat, dan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments