Berita

Prof. M. Nuh : IAIN FM Papua Akan Menciptakan Generasi yang Gemar Berwaqaf

(www.iainfmpapua.ac.id) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua kelak akan menciptakan generasi yang gemar berwaqaf. Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Prof. Dr. Ir. M. Nuh, DEA menyampaikan optimisme ini pada saat menjadi narasumber Seminar Nasional yang diselenggarakan Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena Kota Jayapura, 11 Maret 2020.

“Jika satu mahasiswa atau satu sivitas akademik bisa berwakaf lima ribu rupiah setiap Jumat, bayangkan berapa banyak nilai waqaf seluruh Indonesia yang akan terkumpul untuk kesejahteraan umat,” ucapnya.

Walikota Jayapura, Rektor IAIN FM Papua dan Prof M Nuh memasuki ruang seminar

Karena itu, ia mendorong kepada peserta seminar dan seluruh keluarga besar IAIN Fattahul Muluk Papua untuk gemar berwakaf. Menurut Nuh, wakaf menjadikan orang terhormat.

“Untuk tumbuh menjadi lebih baik itu harus terus berubah untuk maju, lihat akan perubahan arah dan kecepatan untuk tumbuh,” pesan mantan Menteri Pendidikan Nasional ini.

Ia menjelaskan bahwa berwakaf merupakan bentuk amal yang pahalanya akan terus menerus mengalir selama harta wakaf dimanfaatkan. “Zakat, Infaq, Sodaqah itu menjadikan kita menjadi orang yang baik, dan Wakaf menjadikan kita menjadi orang terbaik,” paparnya.

Prof M Nuh berbincang dengan Walikota Jayapura Tomi Mano

Seminar Nasional dengan tema ‘Wakaf: Kesejahteraan, Dakwah, Kemartabatan dan Keabadian’ ini juga menghadirkan Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano. Dalam materinya, Tomi Mano menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Jayapura telah berwakaf dengan menyiapkan lahan 10 hektar untuk pemakaman umat muslim.

“saya mengajak peserta seminar nasional ini untuk menjaga dan menjadikan Kota Jayapura ini menjadi kota yang damai, mari kita bergandengan tangan, jaga toleransi kerukunan umat beragama dan kita sukseskan PON 2020,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si mengapresiasi dukungan Pemerintah Kota Jayapura atas setiap aktifitas positif perguruan tinggi. Menurutnya,  Walikota Jayapura telah sangat berperan dalam berdirinya kampus IAIN Fattahul Muluk Papua.

“Kampus ini terbuka untuk siapa saja, jadi silahkan datang bagi yang ingin berdiskusi yang bersifat ilmiah,” terangnya.

Dekan Fakultas Syariah Dr Eko Siswanto bersama Prof M Nuh

Dekan Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Eko Siswanto, S.HI, M.HI  menjelaskan bahwa kegiatan seminar nasional ini merupakan media silaturahmi untuk membangun kebersamaan di Kota Jayapura. “Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua bersinergi, mendukung dan ikut membangun bersama Pemerintah Kota Jayapura,” paparnya.

Acara Seminar Nasional yang dimeriahkan dengan Parade Sholawat ini diikuti oleh seluruh Civitas Akademik IAIN Fattahul Muluk Papua, Majlis Taklim Kota Jayapura, Sekolah Menengah Atas Kota Jayapura, dan Stakholder yang bekerjasama dengan Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments