Berita

Tingkatkan Program Kerja, Fakultas Syariah Gelar Workshop Penyusunan SOP

Kolase Foto Dr M Wahib, Rektor Dr Idrus Alhamid, Dekan Dr Eko Siswanto

(www.iainfmpapua.ac.id)  – Untuk meningkatkan program kerja, Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Workshop ‘Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP)’ di aula Fakultas Syariah, Jalan Merah Putih, Buper Waena Kota Jayapura, 28 Juli 2020.

“Kegiatan ini guna untuk meningkatkan program kerja, dan memahami tugas serta fungsi pada masing-masing unit yang ada di Fakultas Syariah,” papar Ketua Panitia kegiatan Dr. H. Moh. Wahib, Lc, M.A. Ia berharap dengan kegiatan Workshop tersebut, semua unit di Fakultas Syariah dapat bekerja sesuai SOP yang telah ditentukan.

Pada bagian yang sama, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si meminta peserta untuk menjaga integritas budaya kerja. ”Untuk menjaga integritas, perlu diperhatikan kode etik dalam budaya kerja,” ujar Rektor. Menurutnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memperhatikan kode etik kinerja akademik, transparansi dalam kerja, dan harus berinovasi dalam tugasnya. “Saat ini performance pejabat di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua perlu ditingkatkan, kemudian adanya disorientasi dalam bekerja, problem tata kelola yang lebih mengutamakan gaya hidup, status sosial dan sebagainya perlu segera diperbaiki,” urainya.

Untuk itu, Rektor meminta kepada peserta untuk membuat SOP yang mekanismenya berjalan secara bersama-sama. “Dibuat sedemikian rupa sesuai aturan yang ada dan menghasilkan output yang sesuai tugas dan fungsi khususnya di Fakultas Syariah,” terangnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah Dr. Eko Siswanto, M,H menyampaikan berbagai hal tentang perkembangn program yang sudah disiapkan dan sudah dijalankan oleh Fakultas Syariah. Pihaknya kini sedang menyiapkan suatu pondasi untuk menghadirkan bank data di lingkungan Fakultas Syariah untuk memaksimalkan kinerja.

”Hanya saja problem kami adalah belum terpenuhinya dosen-dosen untuk dua Program Studi yaitu Prodi Hukum Tata Negara  dan Hukum Ekonomi Islam,” jelas Eko. Ia berharap agar kelak segera mendapatkan dosen pada mata kuliah tertentu menjelang tahun ajaran akademik baru.

Acara pembukaan Workshop Penyusunan SOP pada Fakultas Syariah dihadiri oleh para pejabat IAIN Fattahul Muluk Papua. Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari ini diikuti Dosen dan Staf di lingkungan Fakultas Syariah. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments