Berita

Di Tanah Hitam, HIMES FEBI IAIN Papua Gelar Buka Puasa Bersama

(iainfmpapua.ac.id) – Himpunan Mahasiswa Ekonomi Syariah (HIMES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Silaturahim dan Buka Puasa Bersama di Komplek Masjid Baiturrahim Tanah Hitam, Asano, Abepura, Jayapura, 24 April 2021.

Zulfikar Sikumbang (kanan)

Ketua Panitia Zulfikar Sikumbang mengatakan, kegiatan ini didasari upaya untuk memperat tali silaturahim antara mahasiswa, alumni, dan dosen FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua. “Agar kita dapat menjaga keteladanan, menjaga kekeluargaan HIMES, tingkat Prodi dan Fakultas,” ujarnya.

Sebagai pengantar, Ketua Program Studi Ekonomi Syariah Abdul Karman, MM, menyampaikan bahwa acara ini tidak semata-mata dimaknai sebagai buka puasa bersama. “Tapi kita dapat berbaur dengan masyarakat, dan menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” urainya. Dari kegiatan semacam ini, lanjutnya, diharapkan muncul ide dan gagasan baru agar dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat secara terus-menerus.

“Dari HIMES sebagai awalnya, menuju ke lingkup sekitar masjid dan seterusnya,” tuturnya. Menurut Karman, program kerja (proker) HIMES harus dijalankan secara kontinyu.

Abdul Karman, MM

“Jika satu hal sudah selesai, silahkan berlanjut ke hal berikutnya, pikirkan, ke depan apalagi yang akan diterapkan,” pintanya. Sehingga, HIMES dapat menjalankan seluruh proker yang sudah disusun sebelumnya dalam periode kepengurusan ini.

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Tata Usaha FEBI Venice Dijanto, M.M memberikan apresiasi kepada pengurus Masjid Baiturrahim Tanah Hitam yang sudah memberikan ijin pelaksanaan kegiatan HIMES.

“Terimakasih kepada Pengurus Masjid Tanah Hitam, semoga upaya untuk membangun masjid segera dapat terwujudkan,” ungkapnya. Venice berharap HIMES dapat menggalakkan aktifitas religius dan sosial di luar kampus. “Jadi nantinya, adik-adik mahasiswa tidak hanya menggelar acara-acara yang sifatnya keagamaan, tapi juga kegiatan sosial kemasyarakatan yang lain,” harapnya.

Ia mengajak semua pihak agar menjadikan momen buka puasa ini untuk memperkenalkan Prodi Ekonomi Syariah FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua ke warga sekitar.

Dr Amirullah, MAg dan Venice Dijanto, MM

Acara ‘Silaturahim dan Buka Puasa Bersama’ diisi dengan tausiyah Ramadhan oleh Wakil Dekan I FEBI Dr. Amirullah, M.Ag. Dalam ceramahnya, ia mengajak para mahasiswa untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. “Kita bersyukur kita sehat dan masih bisa melangkahkan kaki hadir di acara ini, tingkat rasa syukur kita akan terasa saat kita sakit, maka marilah kita tingkatkan pelaksanaan ibadah saat kita sehat seperti sekarang,” jelasnya. Acara Silaturahim dan Buka Puasa Bersama dengan tema ‘Berkahnya Ramadhan’ ini dihadiri Dekan FEBI Dr. M. Anang Firdaus, M.Fil.I, Kaprodi Perbankan Syariah Fachruddin Fikri Affandy, M.E, Pengurus HIMES, dosen dan mahasiswa FEBI, serta undangan lainnya. Kegiatan tersebut digelar dengan penerapan protokol kesehatan. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Bola88
4 months ago

Semoga sukses selalu dan lancar selalu yaa.

Salam dari bola88 Indonesia 🙂