Berita

DWP IAIN Papua Gelar Buka Puasa Bersama

(iainfmpapua.ac.id) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar ‘Buka Puasa Bersama Sivitas Akademik’ di masjid kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 21 April 2021. Ketua DWP IAIN Fattahul Muluk Papua Masyitha Fachria Alhamid, S.E mengatakan, kegiatan yang diisi dengan ceramah Ramadhan ini sekaligus untuk memperingati Hari Kartini.

Kolase Foto Dr. H. Moh. Junaidin, M.A bersama Dr. H. Musa Rumbaru, S.H, M.H

“Kami ingin berbagi dalam mencari berkah Ramadhan di ajang moment Hari Kartini, juga untuk memunculkan kebersamaan antara sivitas akademik,” jelasnya. Menurut Ketua DWP, pandemi telah menurunkan kuantitas pertemuan rutin di kampus. “Dengan moment ini, semoga dapat meningkatkan nilai silaturahim di antara kita,” urainya. Pihaknya berharap agar menu berbuka puasa dari DWP IAIN Fattahul Muluk Papua dapat memberikan tambahan nilai gizi bagi para mahasiswa yang tinggal di Mahad Putra dan Putri.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si meminta para mahasiswa agar aktif dalam mengikuti berbagai kajian di Bulan Ramadhan. “Khususnya kepada mahasiswa yang tinggal di asrama, anda diwajibkan mengikuti semua kegiatan kerohanian di lingkup masjid yang dikoordinir oleh panitia Ramadhan,” ujarnya.

DWP IAIN FM Papua

Rektor mengingatkan para mahasiswa untuk memanfaatkan moment Ramadhan dalam meraih semua pahala dari berbagai kajian yang digelar panitia.

Dalam tausiyahnya Kepala Biro (Kabiro) AUAK, Dr. H. Moh. Junaidin, MA memaparkan bahwa ada salah satu golongan yang dirindukan surga. “Yaitu golongan orang yang memberi makan orang yang lapar atau berpuasa,” terangnya. Ia mencontohkan para perempuan yang menyiapkan menu berbuka untuk keluarga atau suaminya. “Karenanya dalam memperingati Hari Kartini ini, para pria diminta untuk bisa lebih menghargai kaum perempuan, jangan pernah mengecewakan para kartini saat ini,” imbuhnya.

Kolase Foto DWP bersama mahasiswi menyiapkan menu berbuka puasa

Dalam tausiyah kedua, Wakil Rektor 2 IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Musa Rumbaru, SH, MH meminta semua sivitas akademik untuk meningkatkan keimanan di bulan suci Ramadhan. “Karena tanpa iman, hidup kita bagaikan perahu tanpa awak di tengah laut yang tidak tahu tujuannya,” tuturnya. Ia mengingatkan para mahasiswa untuk meningkatkan amal shalih.

Buka Puasa Bersama juga diisi dengan pembacaan Ratib Al-Haddad yang dipimpin oleh Rektor, dan pembacaan Sholawat yang dipimpin Direktur Program Pascasarjana, Dr. H. Husnul Yaqin, M.H.

Mahasiswi membaca Ratib dari smartphone

Kegiatan yang mengusung tema ‘Peran Wanita di Bulan Ramadhan’ ini diikuti para ASN dan mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua dengan penerapan protokol kesehatan. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments