Berita

Pembekalan PKL FEBI : Hasil UMPTKIN, FEBI Jadi Idola PTKIN

(www.iainfmpapua.ac.id) – Berdasarkan Hasil Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) menjadi idola di seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia. Wakil Rektor 1 IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. M. Dahlan Sian, S.Ag, M.M menyampaikan hal tersebut dalam acara Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua di gedung kuliah terpadu, Jalan Merah Putih Buper Waena, Kota Jayapura, 17 September 2020.

Warek I Dr HM Dahlan Sain menyematkan tanda peserta didampingi Dekan FEBI

“Ini membuktikan bahwa peminat FEBI tahun ini sangat banyak, FEBI sangat diharapkan di tengah masyarakat,” papar Dahlan. Ia mengatakan FEBI harus merasa bangga karena menjadi idola di PTKIN. ”Ke depan FEBI semakin dikenal, dibumikan di tengah masyarakat, tidak hanya terlibat di bidang perbankan, konvensional tapi juga masuk dalam dunia pemerintahan,” ujarnya. Dalam konteks pembekalan PKL kali ini, Dahlan mengatakan PKL saat ini sudah didelegasikan kepada Fakultas. ” Sekali dalam setahun kita bisa melaksanakan PPL ataupun PKL setiap semester ganjil dan genap jika mahasiswa IAIN Papua sudah banyak,” ungkapnya. Menurutnya Kegiatan PKL bukan sekedar mengimplementasikan materi selama kuliah tapi juga menanamkan nilai-nilai positif dalam melaksanakan kegiatan tersebut di berbagai instansi di luar kampus. ”Apa yang dipelajari tidak semuanya di terapkan di tempat PKL, untuk itu mahasiswa harus bisa menyesuaikan tempat PKL karena akan berhadapan dengan berbagai karakter orang, jadi, ikuti arahan pejabat dan pembimbing PKL ,” pesannya.

Senada dengan hal itu, Dekan Fakultas FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. M. Anang Firdaus, S.Ag. M.Fil.I meminta mahasiswa untuk mengikuti pembekalan dengan baik dan seksama. ”PKL itu satu kesatuan, jika satu bagian tidak terselesaikan dengan baik maka hasilnya pun kurang baik juga,” jelas Anang. Ia meminta mahasiswa untuk tetap bersyukur karena masih bisa diperkenankan PKL di masa pandemi ini. ”Di sana nanti kalian mengimplementasikan ilmu yang selama ini secara teori dipelajari di kampus, sekarang waktunya kalian membuktikan kemampuan kalian,” urainya. Dekan berpesan agar mahasiswa aktif dalam mengikuti pembekalan ini sampai selesai sebagaimana dimulainya penilaian kepada mereka. ”Tetap aktif, tetap menjaga protokol kesehatan, Jaga kesehatan masing-masing dari awal dan akhir,” tutupnya.

Acara Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua dihadiri oleh Pejabat, Dosen dan staf di lingkungan FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments