Berita

Google Classroom Permudah Intensitas Mahasiswa dan Dosen

(www.iainfmpapua.ac.id) – Aplikasi Google Classroom mampu mempermudah intensitas perkuliahan antara mahasiswa dan dosen. Dekan Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. Eko Siswanto, S.Hi, M.H menyampaikan hal ini dalam sambutannya di acara Sosialisasi Pemanfaatan Google Clasroom di Gedung Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 18 Februari 2019.

Dekan Fakultas Syariah, Dr Eko Siswanto, MH

“Ini akan mempermudah mahasiswa dan dosen dalam mencapai target-target perkuliahan, mahasiswa bisa menanyakan tugas-tugas kuliah tidak terpaku pada jam perkuliahan saja, mahasisawa bisa meningkatkan intensitas melalui Google Classroom, dimanapun kapanpun dapat terjalin Komunikasi,“ terang Eko. Menurut Eko, sosialisasi google classroom di lingkungan Fakultas Syariah diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para dosen tentang pemanfaatan aplikasi ini untuk selanjutnya bisa diterapkan dalam perkuliahan.

“Tiap saat antara dosen dan mahasiswa bisa saling berinteraksi, juga transparansi terhadap tugas dan penilaian lebih terbuka dan objektif,“ imbuhnya. Selain itu, aplikasi mempermudah dosen dan mahasiswa dalam mendapatkan referensi berbasis e-book (buku elektronik), dan menjadikan segenap sivitas lebih kaya referensi.

“Semoga para dosen di lingkungan Fakultas Syariah dapat mengimplementasikan aplikasi ini dalam meningkatkan kualitas perkuliahan baik online maupun off line,“ harap Eko.

Di kesempatan yang sama, Pemateri sosialisasi aplikasi Google Classroom M. Zaenal Abidin, M.E., mengatakan bahwa aplikasi ini berbasis class online, yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja.

“Google classroom adalah suatu learning management system yang dapat digunakan untuk menyediakan bahan ajar, tes yang terintegrasi dalam penilaian,” urainya. Berbeda dengan media pembelajaran lainnya, media Google clasroom ini memiliki keunggulan dalam hal efektifitas dan efisiensi pembelajaran, RPS, Silabus, Modul, Buku, jurnal perkuliahan,  absensi, dan hal lainnya.

Ia berharap seluruh pihak di kampus IAIN Fattahul Muluk Papua dapat menerapkan Google classroom di setiap kelas untuk efisiensi waktu, transparansi nilai serta mengikuti perkembangan zaman di era digital 4.0. Salah satu peserta kegiatan, Siti Qamariah Tiflen, M.Ag, mengatakan bahwa aplikasi Google classromm ini mudah dan memiliki banyak kelebihan.

M Zaenal Abidin, ME

“Biasanya kalau kumpul tugas lewat Whatapps itu membuat memori penuh tapi kalau mahasiswa kumpul tugas menggunakan fasilitas Google clasroom jadi lebih ringan karena tersimpannya di google drive bukan di memori hp kita,” jelas Qomariah saat di hubungi Tim Humas IAIN Fattahul Muluk Papua.

Google classroom juga lebih mudah dalam hal memberikan penilaian dan dapat mengkontrol nilai mahasiswa dalam mengumpulkan tugas tepat waktu.

“Semoga dengan kegaitan ini dapat memperlancar dan mempermudah perkuliahan yang sesuai tantangan industri 4.0,“ pungkasnya.

Sosialisasi aplikasi Google Classroom diikuti segenap dosen di lingkungan Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran).

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments