Berita

HMPS PS Gelar Workshop ‘Pengelolaan Referensi Dengan Mendeley’

(iainfmpapua.ac.id) – Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah (HMPS PS) menggelar kegiatan Workshop Online ‘Pengelolaan Referensi Menggunakan Mendeley’, 22 September 2021.  Ketua Program Studi Perbankan Syariah, Fachrudin Fikry Affandy, M.E dalam sambutannya menekankan pentingnya para mahasiswa memahami berbagai metode penulisan.

Tangkapan Layar Fachrudin Fikri A, M.E

“Perlu diketahui bahwa menulis artikel ilmiah sangat berbeda dengan menulis tulisan bebas, bagaimana  cara menulis pendahuluan, landasan teori sampai akhirnya kesimpulan,” ucapnya.  Sedangkan untuk pengelolaannya, ia menyebut aplikasi Mendeley yang dapat digunakan untuk mengelola referensi dan menyimpan database skripsi, tesis ataupun karya ilmiah yang lain.  Fachrudin mengatakan, aplikasi dapat membantu tugas insan pendidikan untuk menghasilkan karya ilmiah dan meningkatkan kompetensi mahasiswa agar lebih semangat menulis sesuai dengan bidang keilmuannya, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. “Mari pupuk semangat belajar ini, sehingga kalian bisa menjadi mahasiswa sebagai agen perubahan,” tandasnya.

Senada dengan hal itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. M. Anang Firdaus S.Ag.M.Fil sebagai Keynote Speech mengatakan, aplikasi Mendeley ini sangat menantang. “Apabila dipelajari dengan sungguh-sungguh, sebenarnya ini mudah, jadi penting bagi mahasiswa untuk serius mengikuti kegiatan ini karena sangat bermanfaat saat menuangkan gagasan ilmiah,” ujarnya. Anang meminta kepada para mahasiswa untuk berani memulai menulis dan membuat terobosan yang luar biasa. Anang juga berharap setelah kegiatan ini ada kegiatan praktek lanjutan sehingga bisa meningkatkan skill mahasiswa.

Tangkapan Layar Rahmawansyah, M.Pd

Dalam materinya, Dosen IAIN Fattahul Muluk, Rahmawansyah M.Pd menjelaskan bahwa Mendeley adalah sebuah aplikasi open Source yang mengelola referensi, sitasi, dan perpustakaan pribadi agar tulisan ilmiah bisa lebih baik. Pertama kali dibuat tahun 2007 oleh 3 mahasiswa di Jerman dan dirilis ke publik pada Januari 2009. “Mendeley ialah sosial medianya para akademisi,“ ujarnya. Mendeley bermanfaat dalam membuat daftar pustaka secara otomatis dari A- Z tanpa harus mengetik secara manual. “Ada PDF Viewer dilengkapi dengan sticky notes, text highlighting dan full screen reading sehingga bisa membantu dalam penulisan karya ilmiah,” urainya.

Ketua HMPS Perbankan Syariah, Azriel Ramadhan berharap para mahasiswa dan peserta dapat menyerap ilmu dari workshop ini untuk membantu penulisan makalah para mahasiswa. “Ketika punya tujuan kejarlah, jangan takut, jangan malu dan jangan ketinggalan untuk berproses,” pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti para mahasiswa dan dosen di lingkup IAIN Fattahul Muluk Papua. (*)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments