Berita

IAIN FM Papua Peringati Tahun Baru Islam Dengan Istighosah

(iainfmpapua.ac.id) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Istighosah dan Tausiyah dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah, di Masjid Kampus, 10 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd berpesan kepada seluruh jamaah yang hadir agar menjadikan momentum tahun baru Islam ini untuk membuat perubahan yang lebih baik dalam hidup. “Makna yang tersirat dalam peringatan tahun baru Islam ini adalah untuk menumbuhkan ide, rencana, langkah dan perubahan baru dalam diri kita,” terangnya. Menurutnya, semangat tahun baru Islam ini harus dapat memperkuat iman di dalam diri masing-masing. “Sebagai instansi pemerintah, kampus kita sudah seharusnya ikut memperingati hari besar Islam dan hari besar nasional lainnya, untuk menunjukkan semangat kita bersama,” jelasnya.

Dalam tausiyahnya, Kaprodi Hukum Keluarga Islam Program Pascasarjana Dr. Hendra Yulia Rahman, M.H.I menerangkan beberapa hal terkait sejarah tahun baru Islam. “Tahun baru hijriah dibentuk pada tahun 622 masehi pada masa kepemimpinan Umar Bin Khattab, pada masa kepengurusannya ia mencetuskan pembuatan kalender Islam,” urainya. Hendra menyebutkan 3 alasan yang menjadi sebab dibuatnya kalender Islam. “Yang pertama  ketika Umar menerima surat tanpa adanya spesifikasi tahun, kemudian umar mengumpulkan para sahabat dan pengurus lainnya untuk melakukan musyawarah dalam menentukan tahun kalender Islam,” tuturnya. Dari musyawarah tersebut, lanjutnya, muncul berbagai usulan yang diberikan. “Kemudian dipilihlah usulan yang mencetuskan saat Nabi Muhmmad SAW berhijrah dari Mekah ke Madinah sebagai tahun pertama kalender Islam,” terangnya. Menurutnya proses hijrah itulah yang kemudian menjadi penamaan kalender Islam bernama kalender hijriah.

Selain istighosah dan tausiyah, acara ini juga diisi dengan pembacaan Al Quran dan sholawat bersama. Kegiatan dengan tema ‘Ciptakan Generasi Muslim Berkualitas di Era Digital’ ini dihadiri oleh, pejabat, ASN dan mahasiswa di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua, serta ASN di lingkup BDK Papua. (Za/Is//Her)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments