Berita

IAIN FM Papua Sudah Buka Penerimaan Mahasiswa Lewat Jalur SPAN

(www.iainfmpapua.ac.id) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua telah membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN- PTKIN) 2021.

“Ada 11 program studi atau prodi yang siap dipilih oleh adik-adik lulusan SMA atau sederajat untuk melanjutkan kuliah di IAIN Papua,” ujar Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Fattahul Muluk Papua, Muhammad Irwan, S.T, M.M, kepada Tim Humas di ruang kerjanya, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 22 Januari 2021.

Mahasiswa mengikuti kajian keagamaan – Foto Dok Humas 2019

Ia menuturkan, IAIN Fattahul Muluk Papua memiliki tiga fakultas yakni Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). “Untuk Fakultas Tarbiyah, ada enam Prodi yang dapat dipilih yakni Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini,” jelasnya.

Sedangkan Fakultas Syariah membuka Prodi Hukum Tata Negara, Prodi Hukum Keluarga Islam, dan Hukum Ekonomi Syariah. “Kami juga memiliki FEBI yang sedang naik daun dan memiliki banyak peminat juga, dengan Prodi Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah,” tambahnya.

Berdasarkan data dari laman https://span-ptkin.ac.id/, proses pendaftaran calon mahasiswa dimulai dengan pengisian data pada aplikasi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) pada tanggal 19 Januari sampai 17 Februari 2021. Setelah itu, panitia akan melakukan verifikasi. Tahap berikutnya, para siswa dipersilahkan mendaftar secara online sesuai jadwal pedaftaran yang sudah ditentukan.

Irwan menyebutkan, proses seleksi dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pada tanggal 19-23 Maret 2021, dan tahap kedua pada tanggal 25-29 Maret 2021. “Pengumuman hasil kelulusan SPAN-PTKIN nanti dilakukan pada tanggal 5 April 2021,” tutupnya. SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN berdasarkan prestasi akademik menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Seleksi dilakukan serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Sedangkan siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing. (Za/Is/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments