Berita

Internet Jayapura Down, UM-PTKIN IAIN Papua Tetap Jalan

(iainfmpapua.ac.id) – Meskipun jaringan internet Kota Jayapura terganggu, panitia Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua tetap melaksanakan Tes Penerimaan Mahasiswa Baru yang digelar serentak di seluruh Indonesia, 24 hingga 27 Mei 2021.

Tangkapan Layar Proses UM-PTKIN 2021 IAIN Papua

Kepala Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Fattahul Muluk Papua, Abu Bakar Sidiq, S.HI mengatakan, pelaksanaan ujian kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. “Kita melakukan tes masuk dengan dua cara yaitu secara offline atau luring, maupun online atau daring yang menggunakan Sistem Seleksi Elektronik atau SSE,” jelasnya.

Ia menyebutkan, gangguan internet yang terjadi di Kota Jayapura sejak tanggal 30 April 2021 membuat panitia harus menerapkan sistem ujian offline bagi peserta dari wilayah Kota Jayapura.

“Sedangkan untuk peserta ujian dari luar Jayapura tetap dapat mengakses ujian secara online meskipun panitia terkendala lambatnya jaringan,” tuturnya.

Menurutnya, panitia mengalami keterbatasan akses jaringan untuk memonitoring SSE lokal bagi pengawas UM-PTKIN. “Bandwidth dari Telkom sangat minim, oleh karena itu kami memprioritaskan seluruh bandwidth yang ada untuk keberlangsungan ujian ini sesuai prosedur,” ungkapnya.

Abubakar menegaskan bahwa gangguan internet tidak mempengaruhi antusiasme para peserta untuk mengikuti ujian. “Untuk peserta yang offline khusus di Jayapura ini bisa sekaligus menjadi ajang perkenalan lingkungan kampus di awal,” pungkasnya.  Ia berharap agar gangguan jaringan Internet di Jayapura segera teratasi agar berbagai layanan akademik dapat berjalan dengan normal.

Ditemui terpisah, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Fattahul Muluk Papua Muhamad Irwan, S.T, MM menyampaikan bahwa UM-PTKIN ini diikuti 85 peserta. “42 orang diantaranya akan mengikuti tes offline di kampus pada tanggal 27 Mei 2021, sedangkan 43 orang telah mengikuti ujian UM-PTKIN online tanggal 24 Mei lalu,” urainya. Irwan menjelaskan bahwa para peserta mengikuti ujian dengan materi tes bidang studi IPA sebanyak 115 soal dan tes bidang studi IPS sebanyak 120 soal dengan waktu 120 menit. Hasil tes UM-PTKIN akan diumumkan pada tanggal 17 Juni 2021 mendatang. “Para peserta dapat mengakses di website resmi IAIN Fattahul Muluk Papua yaitu iainfmpapua.ac.id atau di website resmi UM-PTKIN Nasional,” tutupnya. (Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments