Berita

Kuliah Tamu Pasca: Ada Kata Kunci Cegah Covid

Ada kata kunci untuk mencegah penyakit agar tidak menyerang tubuh. Owner Rumah Sehat AVICENNA Kediri Prof. Dr. H. Moh. Sholeh, M.Pd menegaskan hal ini saat menjadi Pemateri dalam kuliah tamu online Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Multikultur Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, 13 Februari 2021.

“Saya membawakan Grand Tema ‘Meningkatkan Iman Imun melalui Tahajjud’, ini adalah upaya preventif-curatif dari terpapar Covid-19,” ujarnya. Dalam grand tema tersebut, kata kunci yang dimaksudkan untuk menjalani hidup sehat dalam masa pandemi ini adalah dengan selalu mengingat iman, imun, sholat Tahajjud dan Covid-19. Dalam konteks ini, ia menyebutkan keutamaan Shalat Tahajud sesudah tidur dari sudut pandang medis.

“Ada hormon kortisol yang jika berlebihan dapat mendatangkan stress dan membuat kita tidak khusyuk dalam menjalankan ibadah Tahajud, maka sehingga sebaiknya tidur terlebih dahulu agar produksi hormon kortisol normal dan kita dapat beribadah dengan baik,” urainya.

Prof. Sholeh bersyukur dapat berpartisipasi dalam kuliah online Program Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua dan berbagi ilmu yang selama ini ditekuninya. “Saya berharap dapat membawa berkah bagi semua yang berpartisipasi dalam kegiatan ini,” terangnya.

Dalam Opening Speaker, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si mengapresiasi kehadiran pemateri yang merupakan tokoh sangat kompeten dalam bidangnya.

“Saya antusias dan berharap peserta kuliah tamu ini dapat meresapi ilmu-ilmu yang diberikan untuk diimplementasikan demi kebaikan umat dan lembaga IAIN Fattahul Muluk Papua,” ucapnya. Rektor juga berharap kegiatan ini menjadi langkah awal untuk membangun kerjasama-kerjasama dalam bidang kesehatan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk umat.

“Semoga gagasan yang diusung oleh Profesor Sholeh bisa ditindaklanjuti dengan merajut MoU kerjasama dalam rangka menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kita semua,” paparnya.

Ketua Prodi S2 PAI Dr. Sahudi, M.Pd.I menyatakan bahwa kuliah tamu ini bertujuan memberikan tambahan ilmu tentang pendidikan kesehatan dengan media Shalat Tahajud kepada mahasiswa Pascasarjana. “Kami memilih tema ini karena pentingnya pengetahuan kesehatan pada masa pandemi bagi mahasiswa dan bagaimana cara hidup selalu dalam kondisi sehat dengan tetap menjaga hubungan dengan Sang Khaliq atau Allah SWT lewat media Shalat Tahajud,” pungkasnya.

Kuliah Tamu Online yang mengusung tema ‘Pendidikan Kesehatan (Tahajjud Sebagai Media Hidup Sehat)’ ini diikuti 43 Mahasiswa Program Pascasarjana IAIN FM Papua. (Za/Is/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments