Berita

PBAK: Gali Potensi Mahasiswa Baru

(iainfmpapua.ac.id) – Seluruh sivitas akademik harus turut menggali potensi dari mahasiswa baru. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini dalam pembukaan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di Aula Kampus, Jalan.Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 18 Agustus 2022.

“Kuliah bagi mahasiswa baru itu merupakan usaha untuk mengasah potensi, para dosen dapat menggali potensi-potensi yang ada pada mahasiswa baru dengan cara mengikutsertakan mereka pada program-program kemahasiswaan,” paparnya. Melalui potensi tersebut, akan terbentuk mahasiswa yang memiliki kompetensi dan berprestasi. “Sehingga dapat dikatakan mahasiswa yang berilmu,” imbuhnya. Selain itu, PBAK ini juga berbeda dengan ospek. “Pada PBAK ini lebih mengarah pada pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan yang berisi pemberian materi berupa pengetahuan umum dan khusus tentang dunia kampus sehingga diharapkan tidak ada tindakan senioritas dari para panitia selama PBAK ini,” jelasnya. Dalam materinya, Rektor juga menekankan terkait kebijakan umum dan khusus di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. “Seperti program penguatan dan pembibitan mahasiswa, yang memiliki potensi diikutsertakan pada suatu program kemahasiswaan agar nantinya dapat mengikuti ajang kompetisi dan dapat membawa nama lembaga,” tuturnya.

Penyematan tanda peserta

Ketua panitia kegiatan, Dr. H. Moh. Junaidin, MA  berpesan kepada seluruh mahasiswa baru untuk bersemangat dalam membangun kebersamaan. “Semangat awal yang kalian miliki ini semoga bisa terus konsisten sampai akhir untuk menjadi mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua,” imbuhnya. Total mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 225 orang. “Dengan rincian, Fakultas Tarbiyah sebanyak 130 orang, Fakultas Syariah 49 orang, dan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam sebanyak 46 orang,” terangnya.

Kegiatan dengan tema ‘Membangun Kualitas Akademik dalam Kebersamaan’ ini digelar selama 2 hari mulai dari 18-19 Agustus 2022. Kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari Badan Narkotika Nasional Papua, Brigjen. Pol. Drs. Rahmat Hidayat dan pemateri lainnya. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments