Berita

Pembekalan PKL: Dekan Syariah Minta Mahasiswa Bangun Citra Positif

(iainfmpapua.ac.id) – Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa di Aula Terpadu, Jalan Merah Putih Buper Waena, Kota Jayapura, 20 September 2021. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah, Dr. Eko Siswanto, M.HI meminta kepada para mahasiswa peserta PKL untuk membangun citra positif di lingkungan kerja.

Dekan Dr Eko Siswanto, MHI

“Bangun citra yang positif dengan kinerja yang bagus, komitmen yang tinggi, jujur, dan disiplin waktu, sehingga setelah PKL ini kalian bisa jadi akan ditarik untuk melanjutkan pekerjaan di sana,” urainya.  Dekan mengatakan, PKL adalah ajang bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi dan skill  yang telah didapatkan pada saat perkuliahanan. “Harapan kami, selama 40 hari di lapangan, kalian bisa mendapatkan pengalaman dan gambaran yang bisa menjadi referensi untuk melakukan riset tugas akhir,” ujarnya. Selain itu, pihaknya juga akan membuat penguatan penulisan karya ilmiah bersama alumni. “Kita siapkan ruang untuk mahasiswa menulis penelitian,” ungkapnya.  Dekan optimis para mahasiswa dan alumni Fakultas Syariah mampu bersaing dan memiliki nilai jual di masyarakat.

Warek I Dr H Talabudin Umkabu, MPd

Senada dengan hal itu, Wakil Rektor (Warek) I Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd mengajak mahasiswa PKL untuk  selalu menjaga integritas dan nama baik almamater kampus. “Menjaga sikap dan tingkah laku yang baik menjadi penting, karena kalau terjadi apa-apa, kalian bukan hanya merugikan diri sendiri, namun juga terkait nama baik kampus,” pesannya. Warek I juga meminta kepada mahasiswa menyelesaikan kendala proses administrasi maupun perkuliahan agar bisa mengikuti PKL dengan maksimal. “Yang paling penting pastikan nama anda terdaftar di pangkalan data, karena semua sudah terintegrasi secara nasional, ini penting pada saat kalian nanti wisuda dan memperoleh ijazah,” tuturnya.

Ketua Panita PKL Zainal Abidin M.E melaporkan, peserta PKL tahun ini berjumlah 31 mahasiswa yang terdiri dari 3 Program Studi yaitu Hukum Tata Negara (HTN), Hukum Ekonomi Syariah (HES), dan Hukum Keluarga Islam (HKI). “Mereka akan PKL di 11 instansi, di antaranya Pengadilan Agama, Kantor Urusan Agama, Pengadilan Negeri Jayapura, BPJS Ketenagakerjaan, Ombudsman, dan kantor Notaris,” ucapnya. Pihaknya bersyukur bahwa seluruh instansi tersebut memberikan respon yang  positif. Pembekalan Praktik Kerja lapangan Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua diselenggarakan selama 2 hari. Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat, perwakilan dosen dan staff di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua dengan menerapkan protokol kesehatan. (*)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments