Berita

Peringatan Maulid Nabi : Bagikan Ilmu Yang Kita Punya Kepada Sesama

Kolase Foto Dr Syukri Nawir, Dr Hb Idrus Alhamid, Dr H Moh Junaidin, Dr Suparto Iribaram

(www.iainfmpapua.ac.id) – “Bagikan ilmu yang kita miliki kepada sesama melalui berbagai kajian keagamaan,” tegas Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si dalam sambutan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H di Masjid Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 29 Oktober 2020. 

Rektor mengatakan bahwa kampus IAIN Fattahul Muluk Papua memiliki sejumlah dosen dengan wawasan keagamaan yang luas. “Di sinilah saatnya menunjukkan peran dan manfaat keilmuan keagamaan itu untuk ditransfer kepada para jamaah, baik melalui kajian rutin maupun peringatan Maulid seperti sekarang ini,” tuturnya.

Ia meminta seluruh warga kampus untuk meramaikan kajian-kajian di masjid secara bertahap. “Semua mahasiswa khususnya yang tinggal di mahad, mari galakkan kegiatan rutin, mingguan, tahunan, sampai kegiatan lain untuk menambah wawasan keilmuan dan akademis,” ujarnya.

Dalam momentum peringatan Maulid Nabi ini, Rektor meminta kepada Takmir Masjid untuk menggali potensi Qori dari para mahasiswa. “Jadi kalau ada mahasiswa yang mengajinya bagus tapi sudah lulus, maka ada regenerasi terus tiap semester,” pintanya.

Sebagai Penceramah, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Keuangan IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Moh, Junaidin, MA mengingatkan seluruh jamaah untuk meneladani sifat dan sikap Rasulullah S.A.W dalam peringatan Maulid kali ini. “Banyak kitab menceritakan bagaimana Abu Lahab saja diringankan dosanya karena ia bergembira dengan kelahiran Nabi, dengan cara memerdekakan budak Suwaibah,” jelasnya. Untuk itu, ia meminta para mahasantri agar memanfaatkan waktu dan kesempatan meneladani diri Nabi Muhammad SAW. “Saat anda masih muda, sehat walafiat, anda harus rajin mengikuti kajian-kajian seperti ini, manfaatkan waktu meraih pahala,” urainya.

Ketua Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Dr. Syukri Nawir, M.Ag menyampaikan ucapan terimakasih kepada dosen, pegawai, dan mahasiswa yang membantu menyiapkan berbagai hal untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. “Ada sumbangan uang, makanan ringan, tenaga, dan doa, mari kita niatkan semua ini untuk memperingati maulid nabi, semoga kita kelak mendapatkan syafaat di hari akhir,” tutupnya.

Pada bagian yang sama, Ketua Takmir Masjid Dr. Suparto Iribaram, MA merasa bersyukur dapat melaksanakan kegiatan ini. “Dalam kondisi hari libur cuti bersama, dan dalam kondisi sesempit apapun, upayakan jangan sampai kita meninggalkan kegiatan ini untuk selalu mengingat Nabi Muhammad SAW,” pungkasnya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 diisi dengan lantunan sholawat bersama para mahasantri. Acara ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi. (Min/Zul/Her/Ran).

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
agung budiono
agung budiono
7 months ago

Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, bagi seluruh umat muslim. Semoga memberikan keberkahan bagi kita semua.” agg