Berita

‘Business Day MPI’, Mahasiswa Praktek Menjadi Pebisnis

(www.iainpapua.ac.id)  – Kegiatan ‘Business Day’ Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dapat menjadikan mahasiswa belajar dan praktek menjadi pebisnis. Salah satu Mahasiswa Semester 6 Prodi MPI Arika Delianti mengatakan hal tersebut kepada Tim Humas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, di halaman Gedung Fakultas Tarbiyah, Jalan Merah Putih, Buper Waena Kota Jayapura, 11 Maret 2020.

“Kegiatan ini bagian dari Mata Kuliah Manajemen Proyek, dan ini asyik banget,” ujarnya.

 Arika merasakan bahwa kegiatan tersebut membuat mereka berpikir lebih kritis dan kreatif.

“Selain itu langsung ada prakteknya, jadi mudah untuk dimengerti,” urai Arika.

Dalam ‘Business Day’ Mahasiswa MPI, Arika bersama teman-temannya menjual beraneka ragam olahan kuliner. “Ada pisang coklat, kue bon-bon, pop ice, es jeruk, stik bawang, kue cantik manis, nasi ayam geprek, nasi ayam bakar, nasi ayam kentucy, dan aneka makan lainnya,” jelas Arika yang punya keinginan membuka bisnis Kuliner Nasi Rawon dan makanan khas Jawa timur ini.

Aktifitas Business Day Mahasiswa Prodi MPI

Beberapa menu yang ditawarkan dalam “Business Day’ ini diolah sendiri oleh para mahasiswa MPI. “Sebagian ada juga berasal dari pemasok makanan,” tambahnya. Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana ‘Business Day’ Trio Dedi Yusuf berharap kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan mahasiswa. “Banyak sukanya kegiatan ini, hubungan Keluarga MPI angkatan 2017 jadi semakin erat dan semakin saling bahu membahu dalam bekerjasama,” jelasnya.

Trio Dedi yang senang berwirausaha ini dalam aktifitas hariannya juga sudah mempraktekkan wirausaha di rumah. ”Saya bekerja menyediakan buah-buahan dan sekalian untuk menambah wawasan saya dalam berwirausaha,” tambahnya. Mahasiswa Prodi MPI melaksanakan aktifitas ‘Business Day’ tiap Hari Rabu. Mereka mempromosikan menu kulinernya melalui berbagai platform media sosial. Mereka berharap kegiatan ini akan menambah ilmu dan wawasan dalam berwirausaha dan menjadi pebisnis yang sukses. Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Gazali Husin Renngiwur, M.Pd mensupport kegiatan peserta didiknya. ”Ini merupakan bentuk aplikasi mereka dalam mempraktekan ilmu yang selama ini sudah didapatkan di kelas, jadi tidak hanya teori yang dipelajari,” jelas Gazali. Ia mengatakan dalam waktu dekat ini MPI akan mengadakan Workshop Pengelolaan Administrasi Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments