Berita

Rakon PPs: Tingkatkan Kerjasama Perkuat Akreditasi

(iainfmpapua.ac.id) – Setiap unit di kampus harus meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk menunjang akreditasi program studi (Prodi). Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini dalam sambutan pembukaan Rapat Konsultasi (Rakon) Program Pascasarjana (PPs) IAIN Fattahul Muluk Papua di salah satu hotel di Jayapura, 14 Juli 2021.

Rektor -tengah- membuka Rakon didampingi Direktur PPs dan Ketua Panitia Rakon

“Tuangkan kerjasama dalam naskah perjanjian kerjasama agar dapat menjadi bukti pendukung dalam akreditasi prodi di Program Pascasarjana,” ujarnya.

Dengan semakin banyak dokumen Memorandum of Understanding (MoU) bersama lembaga lain, maka diharapkan akan memberi nilai positif pada hasil assesment dari BAN-PT.

Selain itu, Rektor juga menyinggung tentang refocusing anggaran yang sedang terjadi di berbagai instansi pemerintah. “Sebagaimana aturan-aturan baru seputar anggaran, maka kita juga harus bergerak cepat untuk merevisi anggaran ke program lain,” ucapnya. Rektor mengingatkan agar Program Pascasarjana membuat kegiatan yang menyertakan partisipasi publik untuk menunjang hasil akreditasi.

Direktur PPs IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Husnul Yaqin, M.H mengatakan, saat ini pihaknya telah menyerap lebih dari 50 persen anggaran dalam berbagai kegiatan akademik. “Sisanya sedang dalam proses, termasuk Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB yang sedang berjalan,” tuturnya.

Menurut Husnul, pihaknya tengah memproses 50 calon mahasiswa dari luar Jayapura untuk melanjutkan studi S2 di IAIN Fattahul Muluk Papua.

“Ada dari Timika, Nabire, Biak dan Wamena, dan dengan makin banyaknya mahasiswa, semoga memberi nilai tambah pada akreditasi kita, khususnya Prodi S2 Hukum Keluarga Islam yang akan segera menjalani assesment,” urainya. Ia menegaskan, selama ini pihaknya juga telah melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak seperti Universitas Negeri Surabaya, ITS, dan Universitas Darussalam Gontor. Selain itu, Direktur PPs juga akan mempererat kerjasama internal dengan unit internal untuk memperkuat sinergitas. “Seperti kerjasama dengan LKBHI Fakultas Syariah,” paparnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Rakon PPs Dr. H. Miftahul Huda, M.H mengungkapkan bahwa Rakon ini bertujuan menghasilkan program kerja yang strategis, yang dapat diimplementasikan oleh PPs IAIN Fattahul Muluk Papua. “Kami juga ingin menjalin silaturahim dan mengembangkan kualitas akademik dan kelembagaan,” terangnya.

Rakon PPs dengan tema ‘Meningkatkan Sinergitas dan Efektifitas Menuju Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua Yang Unggul’ ini diikuti oleh para pejabat, Dosen PPs, dan Alumni PPs IAIN Fattahul Muluk Papua.  Kegiatan digelar dengan penerapan protokol kesehatan. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments