Berita

Webinar PGMI: Manfaatkan Internet Untuk Dapatkan Penghasilan

(iainfmpapua.ac.id) –  Dengan cara sederhana, mahasiswa dapat memanfaatkan internet untuk menghasilkan uang. Dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Fajar Dwi Mukti S.Pd, M.Pd menerangkan hal ini dalam Webinar Teknologi Pendidikan, Selasa, 6 Juli 2021.

Tangkapan Layar Fajar Dwi Mukti, M.Pd

“Mahasiswa saat ini termasuk ke dalam Generasi Z, berusia di bawah 26 tahun, generasi yang sangat ketergantungan dengan Internet, sehingga perlu diedukasi untuk pemanfaatan internet dengan baik,” tuturnya. Menurutnya, ada banyak cara memanfaatkan Internet dan kemajuan teknologi untuk memberikan penghasilan kepada para mahasiswa. “Generasi Z yang sudah melek teknologi, memahami passionnya dan harus memanfaatkan keduanya untuk mendapatkan uang,” urainya. Dalam pemaparannya, ia mencontohkan beberapa hal yang dapat dilakukan terkait bidang yang ditekuni mahasiswa.

“Bagi yang suka menulis, dapat membuat aplikasi yang memfasilitasi orang untuk membaca tulisannya di internet, kita dapat Google Adsense dan dibayar pakai dolar jika dibaca banyak orang,” jelasnya. Selain itu, ada fasilitas dan aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mahasiswa yang memiliki passion berdagang. “Untuk yang suka berdagang tapi tidak memiliki modal besar, bisa memakai system dropship,” ujar dosen yang pernah meraih Juara 1 Pencak Silat tingkat nasional ini.

Ketua Program Studi PGMI Didik Effendi, M.Pd memberikan pujian kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi melaksanakan Webinar. Dalam sambutannya, ia menjelaskan pentingnya Webinar terkait pemanfaatan teknologi dengan baik dan benar pada generasi muda.

“Saat pandemi ini masyarakat sedang kesulitan ekonomi, sehingga penting untuk memanfaatkan hal-hal sederhana di sekitar, termasuk teknologi untuk memperoleh penghasilan,” jelasnya. Menurutnya, webinar ini digelar untuk memberi wawasan kepada para mahasiswa dalam berjuang menstabilkan kondisi ekonomi di masa pandemi. “Mahasiswa kita hendaknya dapat menggunakan teknologi yang sudah ada di era 4.0 ini dan mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing di era selanjutnya yakni 5.0,” ucapnya. Didik berharap para peserta dapat mengimplementasikan dalam aktifitas di masyarakat kelak.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Berfikir Digital ala Milenial, Kuasai Teknologi dan Raih Penghasilan di Era Digital’ ini dilaksanakan secara daring menggunakan Aplikasi Zoom Meeting. Acara ini diikuti para dosen dan mahasiswa PGMI IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments