Berita

Peringatan HAB 77 : Rektor IAIN Papua Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga di TMP

(iainfmpapua.ac.id) –  Jajaran Aparatur Sipil Negara Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua mengikuti upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Trikora Jayapura, 2 Januari 2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama Republik Indonesia yang digelar bersama jajaran ASN Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua.

Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd menyampaikan bahwa HAB ini merupakan momentum untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa. “Karenanya untuk menghormati jasa para pahlawan, hal yang bisa kita lakukan salah satunya adalah dengan meningkatkan kinerja kita di satuan kerja masing-masing,” ujarnya usai memimpin penghormatan dan tabur bunga. Di sisi lain, lanjutnya, dalam momentum peringatan HAB ini, nilai-nilai moderasi beragama juga harus ditanamkan pada mahasiswa di perguruan tinggi dalam berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagaimana tema HAB ‘Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat’. “Sehingga toleransi dan kerukunan antar umat beragama bisa terus dilakukan agar tercipta hidup harmonis di tengah masyarakat,” terangnya.  

Pada moment yang sama, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Papua, Dr. Pdt. Amsal Yowei berpesan agar ASN kementerian Agama dapat mempertahankan kerukunan umat. “Terlebih Papua masuk urutan ke 2 index kerukunan umat beragama nasional dalam rangka Indonesia hebat,” tuturnya. Amsal juga berharap kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Papua dapat berkontribusi untuk mempertahankan kerukunan umat beragama yang sudah dibangun dengan baik. “Harapannya para generasi muda tanpa terkecuali ASN Kementerian Agama bisa terus berupaya memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” pungkasnya. Ziarah dan tabur bunga juga diikuti ASN dari Kemenag Kota dan Kabupaten Jayapura, Kemenag Keerom, Kemenag Sarmi, Balai Diklat Keagamaan Papua, STAKPN Sentani, MAN dan MIN di wilayah Jayapura serta satukan kerja lainnya.

Rangkaian peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama di Papua dilanjutkan dengan upacara pengibaran bendera di Taman Trisila, Lantamal X, Hamadi Jayapura pada tanggal 3 Januari 2023. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments