Berita

Dukung Pemerintah, Mahasiswa KKN Arso 3 Giatkan Program Pencegahan Penularan Wabah

Kolase foto aktifitas mahasiswa KKN Arso 3
Kolase foto aktifitas mahasiswa KKN Arso 3

(www.iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua melakukan berbagai kegiatan dalam mendukung program pemerintah untuk mencegah penularan wabah Covid 19.

“Kami membuat banyak program mulai dari pelatihan pembuatan masker, hingga sosialisasi ke warga sekitar tentang pentingnya menjaga lingkungan yang sehat,” ujar Ketua Kelompok KKN Arso 3, Bambang Edi Tilarsono kepada Tim Humas, 12 Juli 2020.

Menurutnya, anggota Kelompok KKN Arso 3 melakukan sosialisasi di sekitar Komplek Hamadi Rawa dengan memberikan masker kepada warga sebagai upaya membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran wabah. “Lokasinya di sekitar Masjid Abdul Naim, dan kita lakukan dengan protokol kesehatan untuk memberikan edukasi pentingnya menjaga kesehatan,” jelas mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah ini.

Selain program edukasi ke masyarakat, mereka juga melakukan pelatihan kepada warga untuk membuat masker dan handsanitizer secara alami. “Bahan-bahannya sudah kami siapkan sebelumnya, agar masyarakat bisa langsung praktek,” ungkap Bambang. Ia berharap kegiatan ini dapat membangun kreatifitas masyarakat setempat untuk memproduksi masker ataupun handsanitizer. “Semoga bisa memberikan nilai jual dan dapat menjadi penghasilan tambahan bagi masyarakat setempat,” tuturnya.

Upaya menyampaikan kesadaran kepada warga tentang pentingnya menjaga kesehatan lingkungan juga dilakukan dengan aktifitas pembenahan akses masuk komplek warga. “Kami membersihkan lingkungan terutama jalan masuk ke area sekitar Masjid, sebelumnya jalan tersebut rumputnya sudah tinggi,” urainya. Kegiatan tersebut dirangkai dengan membuat papan nama, tempat cuci tangan, dan tempat sampah. “Alat dan bahan dari setiap produk yang kami buat sudah diseleksi supaya bisa tahan lama dan bisa menjadi amal jariyah kita bersama,” paparnya.

Menurut Bambang, warga sekitar komplek menyambut baik dan ikut membantu program Kelompok KKN Arso 3.

“Para mahasiswa juga dipersilahkan untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan sholat Jumat, mulai menjadi Muadzin, Khatib hingga Imam sholat,” tambahnya. Dengan aktifitas itu, mereka juga berupaya memperkenalkan kampus IAIN Fattahul Muluk Papua secara lebih luas ke masyarakat. “Di sela-sela berbagai program, kami mengajak para orangtua untuk tidak ragu mendaftarkan anak-anaknya kuliah di kampus IAIN Fattahul Muluk Papua,” pungkasnya.

Aktifitas Kelompok KKN Arso 3 dilaksanakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
4.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments