Berita

Forum Rektor PTKIN 2020: Siap Pertukaran Mahasiswa KKN

(iainfmpapua.ac.id) – Para Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di bawah Kementerian Agama menyatakan kesiapan untuk melaksanakan kegiatan pertukaran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Hal ini mengemuka dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Pimpinan PTKIN se-Indonesia yang digelar di Jayapura, 27 hingga 30 Desember 2020.

“Kami sudah pernah beberapa kali melakukan KKN Lintas Nusantara dengan IAIN Jember dan UIN Banten pada tahun-tahun yang lalu, namun tahun ini ditunda karena pandemi,” ujar Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si selaku tuan rumah saat memberikan sambutan di acara Pembukaan Rakor di salah satu hotel di Jayapura. Jika kondisi memungkinkan, lanjutnya, maka KKN Lintas Nusantara akan dikembangkan lagi bersama kampus yang lain di tahun mendatang. “Sesuai tema kegiatan kita yakni Merangkai Pulau Menyatukan NKRI, artinya NKRI bukan hanya sekedar kata tanpa implementasi, tetapi harus diwujudnyatakan, seperti halnya mengirim mahasiswa KKN Lintas Nusantara di beberapa pulau di Papua,” jelasnya.

Pada bagian yang sama, Ketua Forum Pimpinan PTKIN Prof. Dr. Babun Suharto menyatakan rasa syukurnya bahwa mereka masih dapat menggelar agenda rutin ini di penghujung tahun. “Kita sudah mengawali kegiatan Forum Rektor tadi sore dengan pemberian bantuan sembako dan infaq untuk warga muslim Papua di area Mushola Firdaus Asso di Angkasa Jayapura,” tuturnya.

Ia mengungkapkan bahwa pimpinan PTKIN berupaya membantu meringankan beban hidup warga yang terdampak penyebaran pandemi. “Forum pimpinan PTKIN juga bertanggung jawab dengan kondisi sosial yang dialami masyarakat, ini bentuk kepekaan sosial kami sebagai instansi pemerintah yang setidaknya meringankan beban masyarakat akibat pandemi,” terangnya. Terkait pengiriman dan pertukaran mahasiswa KKN, pihaknya menjelaskan bahwa program tersebut sudah menjadi bagian dari agenda para pimpinan PTKIN. “Setiap tahunnya kami selalu mengirim mahasiswa KKN ke Papua, kecuali tahun ini dikarenakan pandemi, dan begitupun, jika ada mahasiswa Papua asli yang ingin belajar ke kami, insyaaAllah pimpinan PTKIN siap menerima,” urai Rektor IAIN Jember ini.

Kegiatan Forum Pimpinan PTKIN diisi dengan Focus Group Discussion dan kunjungan sosial ke berbagai tempat di Jayapura. Acara ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan. (Za/Is/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments