Berita

Hakim Mahkamah Syar’iyah Aceh Berikan Kuliah Umum Untuk Mahasiswa IAIN Papua

(iainfmpapua.ac.id) – Hakim Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang, Provinsi Nanggroe Aceh Darusaalam Mamfaluthy S.HI, M.H menyampaikan kuliah umum dengan tema ‘Mahkamah Syar’iyah’ kepada mahasiswa Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, secara virtual, 09 April 2021. Dalam paparannya, ia menyampaikan bahwa negara Indonesia mempunyai berbagai lembaga peradilan, di mana Mahkamah Syar’iyah merupakan salah satu lembaga pengadilan yang kedudukannya setara dengan pengadilan agama.

“Banyak dari kalangan masyarakat yang masih asing dengan pengadilan yang hanya berada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini,” tegasnya.

Tangkapan Layar Kuliah Umum tentang Mahkamah Syar’iyah

Hakim Mamfaluthy menegaskan, pada prinsipnya, kinerja Mahkamah Syar’iyah sama dengan pengadilan agama pada umumnya. “Hanya terdapat penambahan penanganan perkara jinayah dengan menggunakan qanun sebagai sumber hukumnya,” ujarnya.

Ia menuturkan, eksistensi keberadaan Mahkamah Syar’iah berdasarkan pelimpahan wewenang dari Mahkamah Agung Republik Indonesia sesuai KMA nomor 20 Tahun 2004 Tentang Pelimpahan Kewenangan Dari Peradilan Umum Kepada Mahkamah Syar’iyah di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Tangkapan Layar Mamfaluthy S.H.I, M.H

“Kedudukannya sama dengan peradilan agama di seluruh Indonesia, hanya saja namanya berbeda menjadi Mahkamah Syar’iyah baik di tingkat kabupaten atau provinsi, seperti tempat saya ini di wilayah Kota Kuala Simpang jadi namanya Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang,” terangnya. Ia menjelaskan bahwa dasar hukum yang dipakai untuk perkara jinayah mengacu pada Qanun Nomor 6 Tahun 2014. “Sedangkan hukum acaranya menggunakan Qanun Nomor 7 Tahun 2013, dan hukumannya tidak semua hukum cambuk, melainkan dapat berupa kurungan penjara dan denda”, terangnya.

Mamfaluthy berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk lebih giat dalam mempelajari keberagaman penerapan hukum yang ada di Indonesia.

Sebagai inisiator kuliah umum, Dosen Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Andrika Sayyed Assegaf, M.H menekankan pentingnya kalangan mahasiswa Fakultas Syariah untuk mengenal Mahkamah Syar’iyah, “Dengan adanya pemateri langsung dari Hakim Mahkamah Syar’iyah ini dapat menjadi pemantik bagi mahasiswa di lingkungan Fakultas Syariah dalam praktik hukum acara, terkhusus di Mahkamah Syar’iyah,” urainya. Kuliah umum ini diharapkan dapat mengenalkan Mahkamah Syar’iyah yang berada di Aceh kepada para mahasiswa di Papua.

Kuliah umum yang diisi dengan sesi tanya jawab ini diikuti mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Tata Negara. (Hav/Za/Is/Zul/Her/Ran)

Kontributor: Ahmad Havid Jakiyudin

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments