Berita

Halal Bihalal Bersama Wapres, IAEI IAIN Papua Laporkan Edukasi ke Masyarakat

(www.iainfattahulmulukpapua.ac.id) – Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Komisariat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua melaporkan kegiatan edukasi masyarakat terkait ekonomi syariah di Papua. Hal ini mengemuka dalam acara Halal Bihalal Dan Silaturahmi Nasional Virtual yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IAEI melalui video conference, 19 Juni 2020.

“Alhamdulillah, kami merasa bangga dari komisariat seluruh Indonesia, yang dipilih mewakili pembicara hanya tiga komisariat, salah satunya dari Papua,” ungkap Muhamad Zaenal Abidin, ME, Ketua Komisariat IAEI IAIN Fattahul Muluk Papua kepada Tim Humas. Acara Halal Bihalal dan Silaturahmi Nasional ini menghadirkan narasumber Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (HC) KH. Ma’ruf Amin dan Ketua Umum DPP IAEI Sri Mulyani Indrawati, Ph.D.

Dalam laporannya, Zaenal menyampaikan bahwa IAEI IAIN Papua bekerjasama dengan Bank Wakaf Mikro Honai Sejahtera Papua dalam hal upaya edukasi terkait ekonomi syariah, baik akad sampai perilaku sosial. Menurutnya, masyarakat di Papua masih banyak yang belum terlalu familiar tentang berbagai akad seperti akad mudharabah, murabahah, musyarakah, dan lain sebagainya.

“Untuk itu kami di Papua masih bersifat mengedukasi masyarakat, agar ekonomi syariah bisa dipahami dan diterima di Tanah Papua,” ungkapnya.

Kolase tangkapan layar silaturahmi bersama wapres dan menteri

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (HC) KH. Ma’ruf Amin meminta masyarakat untuk memajukan Unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia. “Sekarang UMKM sedang kehabisan modal, sedangkan penyerap tenaga sumber daya manusia terbesar dari UMKM, untuk itu mari kita menolong masyarakat yang lemah,” ujarnya.

Ia mengajak masyarakat untuk bergotong royong berusaha menghidupkan perekonomian saat ini. “Semoga Indonesia mampu menjadi kiblat ekonomi syariah dan mampu memulihkan perekonomian bangsa,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP IAEI Sri Mulyani Indrawati, Ph.D. menyampaikan tentang kuartal pengembangan ekonomi saat ini. “Semoga ekonomi syariah mampu mendongkrak perekonomian saat ini baik dari segi karya tulis, edukasi maupun pengaplikasiannya,” harap Menteri Keuangan RI ini.

IAEI merupakan organisasi para akademisi dan praktisi yang didirikan dengan tujuan untuk membangun jaringan dan kerjasama dalam mengembangkan ekonomi Islam, baik nasional maupun Internasional. Beberapa program kerjanya seperti Simposium Menyusun Kurikulum Ekonomi Syariah untuk berbagai tingkatan pendidikan tinggi, yang kemudian diserahkan kepada Dirjen Dikti Kemendiknas dan Kementerian Agama. Selain itu, IAEI juga memiliki program seminar RUU Perbankan Syariah, Aliansi Sinergis dengan Masyarakat Ekonomi Syarih (MES), PKES, Asosiasi Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO), Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), Launching Holistic Management, dan program lainnya.

IAEI Komsat IAIN Fattahul Muluk Papua didirikan tanggal 12 April 2019 dengan M. Zaenal Abidin sebagai Ketua, Pahri sebagai Wakil Ketua, dan Fachrudin F. Affandy sebagai Sekretaris.

Halal bihalal dan Silaturahim Nasional secara virtual ini diikuti oleh seluruh pengurus IAEI pusat, wilayah, hingga tingkatan komisariat di Indonesia. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments