Berita

Polresta Jayapura Ajak Mahasiswa IAIN FM Papua Tertib Berlalu Lintas

(www.iainfmpapua.ac.id) – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polresta Jayapura mengajak Mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua untuk tertib dalam berlalu lintas. Hal itu mengemuka dalam acara Focus Group Discussion (FGD) SAT BINMAS dan SAT LANTAS Polresta Jayapura Kota yang digelar bekerjasama dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat IAIN Fattahul Muluk Papua di Gedung Kuliah Terpadu IAIN Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih Buper Waena, 12 Maret 2020.

Dalam materinya, Ipda Z.M. Kareni dari Satlantas Polresta Jayapura mengatakan, berdasarkan UU. No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, setiap orang yang menggunakan jalan wajib berperilaku tertib dan mencegah hal yang merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. “Kalau berkendara itu lihat marka jalan, perhatikan alat pemberi isyarat lalulintas dan ketentuan lainnya,” papar Kareni. Agar tertib berlalu lintas, Ia juga mengajak mahasiswa untuk memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bagi pengendara kendaraan bermotor. Dalam moment tersebut, Kareni juga memberi doorprize pembuatan SIM gratis bagi mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan darinya.

Sesi Foto bersama Pemateri dan Peserta FGD

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si memberikan apresiasi atas materi sosialisasi dari Polresta Jayapura. ”Polisi adalah penganyom masyarakat dan ini adalah salah satu kontribusi pihak kepolisian kepada masyarakat,” urainya. Ia juga mengatakan bahwa kampus IAIN Fattahul Muluk Papua terbuka untuk siapapun yang akan datang menyampaikan ide atau gagasan positif dengan mengikuti mekanisme yang ada. Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga berpesan kepada mahasiswa untuk berhati-hati dalam bermedia sosial. ”Mahasiswa harus berhati-hati dan bisa membedakan mana hak dan mana hoak,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DEMA IAIN Fattahul Muluk Papua Mahfudz dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga kepada para mahasiswa atas kebersamaan dalam mewujudkan kegiatan. ”Banyak organisasi yang ada di kampus ini tapi saya bangga karena kita bisa bersatu atas nama mahasiswa,” tuturnya. Ia mengajak mahasiswa untuk bersinergi dengan kepolisian dalam mensukseskan kegiatan tersebut. Sebagai Ketua HMI Komisariat IAIN Papua, Amat Tatroman dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman berkendara di jalan raya kepada mahasiswa. “Semoga dengan kegiatan ini dapat menurunkan tingkat kecelakaan yang ada di Jayapura, dan pengendara di Jayapura tertib berlalu lintas serta tahu bagaimana cara berkendara secara aman, efisien dan bertanggung jawab,” pungkasnya.

Acara FGD yang digelar SAT BINMAS dan SAT LANTAS Polresta Jayapura Kota bersama dengan DEMA dan HMI Komisariat IAIN Fattahul Muluk Papua ini mengambil tema ‘Tertib Sosial di Ruang Publik dan Tertib Berlalulintas’. Pada bagian kedua, Kasat Binmas Polresta Jayapura Kota AKP Piter Kendek, S.Sos, M.M, menyampaikan materi seputar ‘Tertib Sosial di Ruang Publik’. Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan Organisasi Kepemudaan Papua (OKP), HMI Komisariat Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih (UNCEN), FISIP UNCEN, FKIP UNCEN, MPO IAIN Fattahul Muluk Papua, PMII IAIN Fattahul Muluk Papua, KAMMI IAIN Fattahul Muluk Papua, HMI cabang Jayapura dan Mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments