Berita

IAIN FM Papua Teken MoU dengan UNCEN

Kolase foto Purek 4 Uncen, Rektor Uncen Dr Apolo Safanpo, Rektor IAIN Papua Dr Idrus Alhamid, Warek 3 IAIN Papua

(www.iainfmpapua.ac.id) – Dalam rangka penguatan akses mutu kelembagaan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Cenderawasih (UNCEN) di Kampus Universitas Cenderawasih Jayapura, 27 Juli 2020. Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menginginkan keaktifan kerjasama di kedua belah pihak.

”Kita harus sering aktif komunikasi untuk menunjukkan keseriusan kita ke berbagai pihak di luar dalam mewujudkan kerjasama antar lembaga ini,” papar Rektor.

Menurutnya, aktivitas penguatan akses di antara dua lembaga pendidikan tinggi ini dapat menunjukkan dampak positif dalam memantik kerjasama dengan lembaga lain di Papua.

”Kami ingin ada program unggulan bersama, misalnya kita buat Papua Corner dan kegiatan unggulan yang lainnya,” ujar Idrus. Ia mengatakan, Ide dan gagasan tentang hal tersebut telah disampaikan ke Forum Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Se-Indonesia. ”Jadi, kita bisa membuat Papua Corner ini di beberapa kampus di Indonesia agar menjadi ajang informasi positif tentang keberadaan Papua di sana,” ungkapnya.

Rektor juga menyinggung pentingnya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dari Papua untuk membangun Papua. “Maka dari MoU ini nantinya dapat ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama antara masing-masing unit secara teknis,” jelasnya.

”Ada 29 Kantor Kementerian Agama di Kabupaten di Papua, kita bisa melakukan Kuliah Kerja Nyata bersama, pengabdian masyarakat bersama-sama, mungkin juga ke depan kita akan buat education expo,” tutup Idrus.

Di kesempatan yang sama, Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T., M.T. menyambut baik keinginan untuk membangun Papua. ”Mari bersama-sama kita bangun Papua dalam ladang pendidikan tinggi,” tutur Apolo. Ia mengatakan Sumber Daya Alam Papua sangat melimpah, namun kekurangan SDM.

”Maka perlu kolaborasi kerjasama, kemitraan, agar kita bisa mengidentifikasi permasalahan bersama dan sekaligus cari solusi bersama sebagai way out,” jelasnya. Menurutnya, dengan sembilan fakultas dan 78 Program Studi, UNCEN sangat siap bekerjasama dengan IAIN Fattahul Muluk Papua. Pihaknya juga siap bekerjasama untuk sharing pembelajaran maupun bidang pengabdian kepada masyarakat lainnya.

”Dengan penandatanganan MoU ini, kita segera bisa menganalisa masalah di pendidikan tinggi, dan mengaktifkan berbagai kegiatan untuk kemajuan kita bersama,” pungkas Rektor Uncen.

Penandatanganan MoU disaksikan para pejabat dari IAIN Fattahul Muluk Papua dan Universitas Cenderawasih. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments