Berita Pengumuman

‘Jadikan HAB Sebagai Agen Perubahan Perkuat Kerukunan Umat Beragama’

Pengibaran Bendera Merah Putih

(www.iainfmpapua.ac.id) – “Mari kita jadikan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke-74 sebagai agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air,” ujar Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua Pdt Amsal Yowei, S.E, M.Pd.K, saat menyampaikan amanat Menteri Agama R.I Fachrul Razi pada Peringatan HAB ke-74 Kementerian Agama di lapangan Markas Komando Brimob, Kotaraja Jayapura 3 Januari 2020.

“Kerukunan umat beragama itu merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integritas nasional,”terangnya.

Menurutnya, Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. “Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kemenag secara konstektual di tengah masyarakat,”imbuhnya.

Rektor IAIN FM Papua dan tamu undangan melakukan penghormatan bendera

Kakanwil menegaskan bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara. Ia meminta semua pihak untuk merangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Fakultas Syariah, Dr. H. Moh. Wahib, Lc, MA berharap moment peringatan HAB dapat mengingatkan kembali peran dan fungsi penting Kementerian Agama RI sebagai perekat kerukunan antar umat beragama. “Semoga HAB bisa memperkuat upaya moderasi beragama yang digaungkan Kementerian Agama, sehingga tujuan program deradikalisasi beragama bisa tercapai,” tuturnya.

Kakanwil Kemenag Papua Amsal Yowei memberikan penghargaan kepada ASN

Ia juga berkeinginan peringatan HAB ini dapat menciptakan soliditas antar instansi di Kementerian Agama, khususnya di wilayah Papua.

Ditemui terpisah usai upacara‌, salah satu Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Ayu Pratamawati, M.Pd berharap dengan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, dapat meningkatkan motivasi kerja ASN. “Kami sebagai ASN lebih antusias dalam meningkatkan kinerja dan menciptakan prestasi-prestasi di lingkungan kerja,” ucapnya. Ia juga mengajak seluruh ASN untuk tetap menjaga kebersamaan, ciptakan kedamaian, mempererat kerukunan sesama ciptaan Tuhan yang Maha Esa. “Sehingga terciptalah umat rukun Indonesia maju sesuai dengan tema HAB Kementerian Agama,” tegas Ayu. Dalam Upacara HAB juga diisi dengan penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya bagi 10 Aparatur Sipil Negeri Kementerian Agama atas pengabdiannya selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun masa kerja. Selain itu Kakanwil juga menyerahkan DIPA Tahun 2020 kepada 20 Satker di lingkup Kementerian Agama Provinsi Papua. Upacara HAB Kemenag mengusung tema ” Umat Rukun Indonesia Maju” dihadiri oleh Para Pejabat di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Papua, ASN Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua, IAIN Fattahul Muluk Papua, STAKPN Burere Sentani, Balai Diklat Keagamaan Papua, ASN di lingkup Kantor Kemenag Provinsi Papua serta Sekolah MIN, MTsN dan MAN Kabupaten dan Kota Jayapura. Peserta Upacara HAB juga dihibur dengan penampilan drumband oleh siswa-siswi MTsN Nimbokrang kabupaten Jayapura. (Min/Her/Zul/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments