Berita

Juara Pembuatan Video Pembelajaran PAI Ingin Jadi Motivator dan Pebisnis

(iainfmpapua.ac.id) – Ilham Rifa’i, mahasiswa peraih Juara 2 pada Lomba ‘Pembuatan Video Pembelajaran PAI’ ingin menjadi motivator dan pebisnis yang handal. Ilham menyampaikan hal ini saat dihubungi Tim Humas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, 20 Juni 2021.

“Saya berkeinginan membuka bisnis, dan juga menjadi motivator muda,” ujar mahasiswa Semester 6 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua ini.

Tangkapan layar video pembelajaran Ilham Rifa’i

Tekadnya ini mulai tergambar ketika Ilham merengkuh Juara kedua dalam lomba ‘Pembuatan Video Pembelajaran PAI’ HMJ PAI Got Talent, tingkat nasional yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam IAIN Padang Sidimpuan, 6 Mei 2021.

“Mengikuti lomba itu tidak sekedar kompetisi, tetapi sebagai ajang menerapkan bakat dan meningkatkan skill,” ujarnya memberi motivasi kepada rekan-rekan mahasiswa lainnya. Menurutnya, ada pengalaman yang berharga saat mengikuti sebuah perlombaan. “Saat mencoba ikut lomba cabang baru yang tidak pernah diikuti, itu bukan masalah kalah menang, tetapi kita mendapat pengalaman baru yang tak ternilai,” jelasnya.

Ia memaparkan berbagai tahapan yang dilalui saat mengikuti kompetisi tingkat HMJ perguruan tinggi tersebut.

“Saya menggunakan aplikasi logopit plus untuk edit gambar PNG dan mengedit videonya menggunakan kinemaster,” terangnya.

Sebagaimana peserta lain, ia mengaku menemukan beberapa kesulitan dalam kompetisi tersebut. “Karena ini baru pertama kali ikut lomba video pembelajaran,” ucapnya. Namun di sisi lain, ia menyatakan beberapa kemudahan dalam proses pembuatan video. “Saya sebelumnya sudah sedikit bisa edit video sederhana, dan materi sudah saya perdalam karena saya sudah mengajar di MTs DDI Entrop,” paparnya. Ia tidak menyangka bahwa materi lomba yang dikirim secara online tersebut terpilih sebagai pemenang kedua.

“Ke depannya saya ingin mengembangkan kemampuan saya dari cabang lomba baru yang saya ikuti ini,” tutur mahasiswa yang hobby bermain futsal ini.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Program Studi PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua A. Ubaidillah, M.Pd mengungkapkan perasaan bangga dan apresiasi yang tinggi atas pencapaian yang raih mahasiswanya.

Ia mengingatkan kepada Ilham agar tidak cepat berpuas diri.

“Jangan menganggap cukup atas apa yang diaraih di titik ini, sehingga teruslah berkarya tanpa batas dan tunjukkan bahwa kita dari IAIN Fattahul Muluk Papua bisa bersaing,” terangnya.

Ubaidillah juga menjelaskan bahwa perkembangan teknologi saat ini perlu diadaptasikan dengan baik agar dapat dimanfaatkan oleh akademisi dan calon pendidik masa depan.

Ia berpesan kepada Ilham dan para mahasiswa PAI agar terus mengasah kemampuan dan membagikan ilmu yang ia miliki kepada generasi selanjutnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Zulihi, M.Ag menyebut bahwa prestasi Ilham adalah hal yang cemerlang dan luar biasa, karena ia mampu berkompetisi dengan ratusan peserta lain dari seluruh Indonesia. “Alhamdulillah, ia dapat meraih juara membawa nama baik kampus kita,” ucapnya.

Di masa yang akan datang, Dekan menyemangati Ilham dan mahasiswa lain untuk berlatih, belajar, dan mengasah kompetensi secara terus menerus. “Kreativitas dan kemampuannya semoga dapat diarahkan untuk mencapai prestasi lebih baik sesuai harapan dan impian serta cita-citanya pada even-even nasional lainnya,” tuturnya. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments