Berita

Keluarga Besar PGMI IAIN Papua gelar Halal Bihalal Virtual

Keluarga Besar PGMI IAIN Papua gelar Halal Bihalal Virtual

(www.iainfattahulmulukpapua.ac.id) – Keluarga besar Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar silaturahmi Halal bihalal secara virtual melalui video conference, 12 Juni 2020. Dalam sambutannya Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGMI Ridwan Fandasti mengucapkan terima kasih kepada seluruh Dosen PGMI yang telah sabar dalam mendidik mahasiswa dan telah memberikan berbagai ilmu kepada mahasiswa.

”Semoga PGMI selalu kompak, semakin maju dan semakin jaya selalu,” ujarnya. Di kesempatan yang sama, Ketua Program studi PGMI Didik Efendi, M.Pd mengucapkan permohonan maaf lahir dan batin kepada peserta. Didik mengajak peserta untuk selalu menunjukkan etika positif dalam berbagai hal.

”Seorang guru, pengajar, tenaga pendidik atau Dosen adalah teladan bagi murid atau mahasiswa, jadi mari kita tunjukan etika yang baik dengan menjaga nama baik diri pribadi dan nama baik PGMI,” paparnya.

Ia juga mengajak peserta untuk mengambil hikmah jadi pandemi virus covid-19 ini. ”Pandemi mengajarkan kita untuk tidak gaptek dalam teknologi, mahasiswa akan selalu mengupdate ilmunya tentang internet, mungkin jika tidak ada pandemi kita akan terus mengikuti kuliah seperti cara biasa,” urainya. Menurutnya kejadian saat ini yang berbasis teknologi sudah seuai dengan revolusi industri 4.0.

”Di era digital, tukang sampah, teller dan lainnya bisa digantikan perannya dengan teknologi tapi hanya satu yang tidak bisa digantikan yaitu sosok keteladanan,” ungkapnya. Menurutnya guru menjadi pusat perhatian untuk anak-anak didiknya serta menjadi contoh dan suritauladan bagi peserta didiknya. ”Saat ini jangan memikirkan nanti lulus mau jadi apa, yang terpenting saat ini laksanakan kuliah dengan sebaik-baiknya, gunakan fasilitas yang sudah disediakan kampus untuk tetap ikut kuliah online, ikuti aturan yang sudah ada,” jelasnya.

Dalam sambutannya, ia juga memberi nasehat kepada peserta untuk memanfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara. “Gunakanlah waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, waktu kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, dan hidupmu sebelum datang kematianmu,” tuturnya. Didik mengajak keluarga besar PGMI untuk menjaga kekompakan. “Mari kita sosialisasikan PGMI ke media sosial,” tutupnya.

Sebagai Moderator Halal Bihalal virtual, Ika Putra Viratama, M.Pd mengajak agar seluruh peserta tetap menjaga semangat untuk berdiskusi dan berdialog dalam berbagai tema pendidikan di masa pandemi ini. Kegiatan ini diikuti oleh Dosen, mahasiswa, dan alumni PGMI IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments