Berita

LPM Gelar Workshop Pemanfaatan Google Classroom Secara Virtual

Tangkapan Layar Zoom Meeting Workshop LPM

(www.iainfmpapua.ac.id) – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Workshop Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Platform Pembelajaran Daring Semester Ganjil 2020/2021 secara virtual, 10 Agustus 2020. ”Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan materi tentang konsep dan teknik pembelajaran jarak jauh yang dapat digunakan dalam perkuliahan pada semester ganjil ini,” papar Ketua LPM IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Siti Rokhmah, M.Pd.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan pelaksanaan Sosialisasi Platform Pelaksanaan Pembelajaran semester gasal TA 2020/2021. ”Selain itu kegiatan ini juga dapat memfasilitasi para dosen dalam membuat akun serta pemberian materi terkait konsep dan teknik pemanfaatan Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh, penilaian harian dan penilaian akhir semester, ” ungkapnya.

Kegiatan dengan menggunakan metode tutor sebaya ini dilaksanakan sebanyak 32 Jam Pelajaran (JP) dengan model daring sebanyak 12 JP dan secara luring sebanyak 20 JP. “Dilakukan secara daring melalui fasilitas CloudX Meeting Telkomsel, Google Classroom dan secara moda luring untuk mengerjakan tugas pelatihan,” tambahnya.

Ia berharap agar IAIN Fattahul Muluk menjadi salah satu pionir pemanfaatan Learning Managemen System (LMS) di kampus. “Ini menjadi mutlak dimanfaatkan di perguruan tinggi,” harapnya. Ia berpesan kepada para tutor agar dapat melaksanakan kegiatan workshop tersebut dengan rambu-rambu yang telah ditentukan. ”Kiranya pelatihan ini memberikan manfaat bagi kita semua,” pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid,S.Ag, M.Si mengapresiasi LPM yang telah memprakarsai kegiatan tersebut. ”Semoga dengan memulai pemanfaatan Google Classroom ini, LPM bisa membangun LMS,” ungkapnya. Ia meminta kepada Kepala Teknologi Informasi dan Pangkalan data (TIPD) untuk segera mewujudkan aplikasi LMS. ”Kepada seluruh Dosen IAIN Fattahul Muluk Papua diwajibkan mengikuti workshop ini hingga selesai, selamat melaksanakan Workshop,” pungkasnya.

Acara Workshop Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Platform Pembelajaran Daring Semester Ganjil 2020/2021 yang berlangsung selama 4 hari ini diikuti oleh Dosen di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Her/Min/Zul/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments