Berita

LPM IAIN FM Papua Gelar Sosialisasi Platform Pelaksanaan Pembelajaran

Tangkapan layar webmeeting LPM IAIN Fattahul Muluk Papua

(www.iainfmpapua.ac.id) – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Webmeeting ‘Sosialisasi Platform Pelaksanaan Pembelajaran Semester Gasal TA 2020/2021’, 23 Juli 2020. Sebagai penyelenggara kegiatan, Ketua LPM IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Siti Rokhmah, M.Pd mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk mensosialisasikan persiapan memasuki kegiatan belajar mengajar semester gasal tahun 2021. “Agar persiapan proses belajar mengajar terkondisikan dengan lebih baik dibanding saat setengah semester kemarin pada masa pandemi bermula, atau antisipasi adanya academic culture shock,” urainya.

Narasumber utama kegiatan ini, Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum, M.A dalam materinya menekankan pentingnya konsep Learning Managemen System (LMS) Pada pembelajaran Era Education 4.0. Menurutnya,  Learning Managemen System adalah aplikasi perangkat lunak atau teknologi berbasis web yang digunakan untuk merencanakan, mengimplemenatasikan, dan menilai proses pembelajaran.

”Ada perbedaan antara LMS, course mangement system atau CMS dan Learning Content Management System atau LCMS,” ujarnya. Course Mangement System hanya merancang mata kuliah secara online namun tidak memperhatikan aspek learningnya. “Sedangkan dalam Learning Content Management System metode belajar hanya memperhatikan kontennya, suatu platform administrasi, penulisan dan pengiriman multi pengguna terintegrasi yang memungkinkan administrator untuk menyelenggarakan, menjadwalkan, mengelola pendafataran, menilai, menguji dan melacak kegiatan pelatihan online, dan kalau LMS cakupannya lebih luas daripada LCMS,” jelas Yaumi.

Yaumi menyatakan bahwa LMS menyediakan lingkungan belajar online interaktif dan mengotomatisasi administrasi, organisasi, pengiriman sumber belajar dan pelaporan konten Pendidikan dan hasil belajar.

“Ada beberapa point penting teori pembelajaran online yang harus kita ketahui yaitu sosial presence atau interaksi sosial, cognitive presence atau kehadiran kognitif, learning experience atau pengalaman belajar dan teaching presence atau kehadiran mengajar,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si. mengapresiasi LPM atas penyelenggaraan kegiatan sosialisasi tersebut. ”Semoga ke depan LPM bisa mengembangkan LMS dengan baik di kampus tercinta ini, sehingga proses pembelajaran secara online berjalan sesuai yang direncanakan,” papar Rektor.

Menurutnya, pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan bangsa. ”Perguruan tinggi adalah institusi yang didalamnya telah berkumpul orang-orang cerdas dan para cendekia yang mampu mencerdaskan generasi pelajar,” ujarnya. Ia berharap agar Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTKIN) dapat menjadi mitra dan membuka kelas kerjasama. Webmeeting ini diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran).

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments