Berita

LPPM IAIN FM Papua Teken Kerjasama Dengan LPPM UIN Raden Intan Lampung

 (iainfmpapua.ac.id) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, di ruang LPPM, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 26 Agustus 2022.

Ketua LPPM IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. Suparto Iribaram, MA berharap agar penandatanganan ini menjadikan momentum bagi LPPM IAIN Fattahul Muluk Papua untuk membuka dan meningkatkan kerjasama seluas-luasnya dengan perguruan tinggi lain. “Khususnya yang ada di bagian Indonesia Barat,” ujarnya. Menurutnya, pihaknya masih perlu belajar banyak dari pengalaman perguruan tinggi lain. “Mereka sudah banyak melakukan kegiatan-kegiatan dalam bidang pengabdian maupun tridharma,” jelasnya. Suparto juga menekankan pentingnya kerjasama ini untuk mempermudah dokumen administrasi dan pelaksanaan teknis. “Seperti Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama atau KKN KNMB ini, dimana perlu mengirimkan mahasiswa ke kampus lain sehingga perlu adanya dokumen kerjasama seperti MoU maupun MoA,” terangnya. Dengan dokumen kerjasama tersebut akan dapat mempermudah proses administrasi yang sesuai dengan aturan. “Dan juga pelaksanaan teknisnya dapat terorganisir dengan baik,” tuturnya.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Prof. Dr. H.A. Kumedi Ja’far, S.Ag., M.H selaku Ketua LPPM UIN Raden Intan Lampung. “Kerjasama ini berfokus pada bidang pengabdian kolaborasi, seperti KKN KNMB yang sudah berjalan saat ini dimana kami juga turut berpartisipasi dalam KKN kolaborasi ini dengan mengirimkan delegasi mahasiswa kami,” papar Novrizal Fahmi, staff LPPM UIN Raden Intan Lampung. Selain bertujuan untuk meningkatkan sinergitas kedua pihak, kerjasama ini juga akan berfokus pada penelitian kolaborasi, pertukaran dosen dan mahasiswa. “Dan juga hal-hal lain yang menyangkut tridharma perguruan tinggi,” terangnya bersama tim staff LPPM UIN Raden Intan Lampung Dedi Satriawan. Pihaknya berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik. “Tidak hanya berupa kerjasama di atas kertas saja namun ada tindak lanjut dan implementasinya,” pungkasnya.

Sebelumnya, UIN Raden Intan Lampung telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dalam tingkat perguruan tinggi dengan kampus IAIN Fattahul Muluk Papua dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. MoU ini ditandatangani atas nama Prof. Wan Jamaluddin Z, M.Ag.,Ph.D selaku Rektor UIN Raden Intan Lampung dan Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si selaku Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments