Berita

Rektor IAIN Papua Kukuhkan Pengurus Rumah Moderasi Beragama

(iainfmpapua.ac.id) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd mengukuhkan Pengurus Rumah Moderasi Beragama di Aula kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena Kota Jayapura, 18 November 2022. Dalam sambutannya, Rektor mengatakan bahwa kehadiran Rumah Moderasi Beragama di IAIN Fattahul Muluk Papua merupakan wujud komitmen dan dukungan IAIN Fattahul Muluk Papua akan hadirnya kedamaian di tanah Papua. Ia berpesan kepada pengurus untuk berupaya menguatkan moderasi di tengah kebergaman di tanah Papua.

“Khusus kepada pengurus yang sudah dikukuhkan agar senantiasa mengembangkan potensi agar terwujudnya moderasi beragama di IAIN Fattahul Muluk Papua khususnya dan di tanah Papua pada umumnya,” ucapnya. Rektor juga menyampaikan dukungan penuh dari sivitas akademik IAIN Fattahul Muluk Papua akan kehadiran Rumah Moderasi Beragama ini. “Oleh karenanya mari bergandeng tangan menyatukan hati dan tujuan untuk mewujudkan moderasi beragama di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua,” pungkasnya. Sebelum menutup sambutannya rektor berharap hadirnya Rumah Moderasi Beragama di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua dapat menjadi contoh bagi instansi pendidikan keagamaan lainnya di Papua dan di Indonesia pada umumnya.

Ketua pengurus Rumah Moderasi beragama IAIN Fattahul Muluk Papua Heru Andryana Suherman, M.H mengatakan bahwa moderasi beragama di tanah Papua ini sudah sangat bagus di mana terdapat banyak kultur budaya dan agama. “Dan perlu adanya penguatan dalam mengaplikasikannya sehingga tetap menjunjung tinggi kearifan lokal di Papua,” jelasnya. Menurutnya, penguatan dan pengaplikasian ini dapat dilakukan melalui pelatihan-pelatihan yang sifatnya dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya moderasi beragama di kalangan kampus maupun di masyarakat luar. Heru juga menyampaikan rencana program kerja yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. “Kami akan fokus menguatkan kapasitas pengurus rumah moderasi beragama dan managementnya terlebih dahulu,” ujarnya. Selain itu, lanjutnya, pihaknya berencana bekerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan Papua dalam hal Training of Trainer penguatan moderasi beragama untuk para aparatur sipil negara di lingkungan IAIN Fattahul muluk Papua.

Rektor mengukuhkan delapanbelas pengurus Rumah Moderasi Beragama dengan beberapa koordinator bagian. Kegiatan ini dihadiri Kepala Biro AUAK IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Basman, M.Ag, para pejabat eselon 3, serta undangan lainnya. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments