Berita

Kuliah Umum FEBI : BI Harapkan Keaktifan Mahasiswa IAIN Papua Raih Peluang Ekonomi

(www.iainpapua.ac.id) – Bank Indonesia mengharapkan keaktifan mahasiswa dalam meraih peluang-peluang di bidang ekonomi dan kewirausahaan. Deputi Kepala Perwakilan dan Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Papua Darmawan Tohap menyampaikan hal tersebut dalam Kuliah Umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Fattahul Muluk Papua di Gedung Aula Terpadu IAIN Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih Buper Waena, Kota Jayapura, 27 Februari 2020.

“Saya ambil contoh adik Arung, mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua yang sudah menerima beasiswa dari BI, saya harapkan ada penerusnya dari semester berikutnya yang juga akan menerima beasiswa di masa yang akan datang,” jelasnya.

Mahasiswa FEBI mengikuti Kuliah Umum

Menurut Darmawan, mahasiswa harus memiliki pengetahuan yang memadai dalam bidang yang ditekuni. Hal ini harus ditunjang dengan sikap yang baik untuk dapat menerima dukungan dari berbagai lembaga dalam meneruskan pendidikannya.

Dalam paparan materi kuliahnya, Darmawan juga menyampaikan peran penting Bank Indonesia dalam perekonomian.

“Bank Sentral mempunyai peranan dalam perekonomian sebagai bank untuk bank–bank lainnya, artinya  bank sentral dapat memberikan pinjaman kepada bank umum apabila bank umum tersebut membutuhkan likuiditas atau cadangan,” jelasnya.

Sebagai bank yang menyimpan pendapatan pemerintah dan membayar pengeluaran pemerintah, BI memiliki peranan dan fungsi yang strategis dalam perkembangan kelembagaan, diantaranya sebagai Bank Sirkulasi yang berperan menerbitkan dan mengatur legal tender. Dalam konteks tersebut, BI kelak membutuhkan sumber daya manusia yang mampu menjalankan tugas dan fungsi tersebut.

Warek I Dahlan Sain memberi cinderamata kepada Darmawan Tohap

“SDM ini ada dan dimulai dari mahasiswa sekarang,” urainya.

Sementara itu, Wakil Rektor (Warek) I Bidang Pengembangan Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. H.M. Dahlan Sain, S.Ag, M.Si  sangat mengapresiasi rangkaian kegiatan FEBI.

“Kegiatan FEBI ini sangat positif, banyak hal kreatif yang dimunculkan mahasiswa, ada nuansa prestasi di sini,” tuturnya.

Dahlan menjelaskan, terkait aturan akademik, ke depan akan diterbitkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). “Selain ijazah yg diterima alumni juga ada SKPI yang isinya semua rekam jejak prestasi mahasiswa baik akademik maupun non akademik,” imbuhnya.

Arung menghibur mahasiswa dengan Solo Performance

Warek I berharap tidak hanya FEBI yang dapat menyelenggarakan acara rangkaian Gebyar FEBI. “Fakultas lain juga dapat membuat kegiatan positif yang lebih meriah tentunya,” harapnya. Acara Kuliah Umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Fattahul Muluk Papua juga menghadirkan pemateri dari Trainer Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Papua dan Papua Barat Arin Achmad Irjayanto, S.E. kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat fakultas, undangan, dan diikuti oleh segenap Mahasiswa FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments