Berita

Asah Ketrampilan Menulis, Mahasiswa IAIN FM Ikut Pelatihan Jurnalistik

(www.iainfmpapua.ac.id) – Untuk mengasah keterampilan dalam menulis, Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua ikut serta dalam kegiatan ‘Pelatihan Penulisan Jurnalistik Bagi Mahasiswa Se-kota Jayapura Tahun 2020’ yang diselenggarakan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di Balai Bahasa Papua, Kotaraja Jayapura, 7 Maret 2020.

Perwakilan mahasiswa yang ikut serta dalam pelatihan Jurnalistik tersebut berasal dari Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Salah satu Mahasiswi Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Natasya Auliya Husain merasa senang karena kegiatan ini dapat menambah relasi.

“Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi media untuk menambah pengetahuan kebahasaan dan jurnalistik, sehingga nantinya kami bisa bawa feedbacknya untuk kampus tercinta,” urai Tasya.

Tidak jauh berbeda dengan Natasya, Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah Nuzulul Auliya Eryati juga merasa bersyukur dapat ikut dalam kegiatan ini.

Sesi foto bersama peserta Pelatihan

“Selain menambah ilmu, kegiatan ini juga sebagai peluang untuk membangun relasi dengan perguruan tinggi lain di Kota Jayapura,” ujar mantan Duta Bahasa Harapan ke-4 tahun 2019 ini. Ia berharap dapat memanfaatkan kegiatan tersebut dengan semaksimal mungkin.

Nurfitri Iriani Utami, perwakilan Mahasiswa FEBI juga merasa terkesan dengan kegiatan jurnalistik ini.

”Baru pertemuan pertama saja kegiatannya sudah seru apalagi narasumbernya ahli di bidangnya masing-masing, mereka juga sangat pandai membangun keaktifan di ruangan,” papar Fitri yang merupakan Duta FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua.

Kepala Balai Bahasa Papua, Suharyanto, M.A dalam sambutannya mengapresiasi antuasiasme peserta dan panitia. “Kami ingin membentuk karakter generasi muda untuk dapat mempertahankan eksistesinya di era 4.0 ini, yang mana generasi muda harus bisa menguasai 6 literasi, 4 kompetensi dan 5 karakter,” paparnya. 

Foto bersama peserta dari IAIN FM Papua

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Ummu Fatimah Ria Lestari menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti 30 peserta mahasiswa perwakilan STKP Santo Yohanes Jayapura, Universitas Ottow Geissler, STIE Port Numbay, STIMIK Sepuluh Nopember, STT GKI I.S. Kijne, FKIP Uncen, Manajemen FEB Uncen, Antropologi Fisip Uncen, Sastra Inggris FESS USTJ dan IAIN Fattahul Muluk Papua.

 “Salah satu permasalahan yang dirasakan bangsa Indonesia sampai saat ini adalah keterampilan menulis mahasiswa Indonesia relatif masih rendah, untuk itu perlu pelatihan jurnalistik dalam membina dan mengembangkan bakat minat menulis mahasiswa,” ujarnya.

Pembukaan Pelatihan

Pelatihan ini akan berfocus pada materi Kebahasaan (ejaan, diksi, kalimat, dan paragraf bahasa Indonesia), Jurnalistik Dasar, dan Teknik dan Praktik Menulis Berita. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments