Berita

Fakultas Syariah IAIN FM Papua Gelar Pelatihan BTA Bersertifikat

(www.iainfmpapua.ac.id) – Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan Sertifikasi Baca Tulis Alquran (BTA) untuk syarat kelulusan mahasiswa. Kegiatan BTA ini dilaksanakan selama 8 hari mulai dari tanggal 14 September hingga 24 September 2020.  Ketua sekaligus instruktur UPT Baca Tulis Alquran (BTA), Siti Qamariah Tiflen, M.Ag menyampaikan hal ini kepada Tim Humas, 18 September 2020 di ruang kerjanya.

“UPT BTA Fakultas Syariah ini merupakan sebuah unit di bawah naungan Fakultas Syariah yang terlahir dengan sebuah tujuan yang luhur yaitu mencetak mahasiswa-mahasiswi yang berjiwa islami dalam bidang bacaan Alquran,” jelasnya. Ia mengatakan kegiatan ini langsung dibimbing oleh instruktur yang berkompeten sehingga dapat meningkatkan kualitas membaca Alquran pada mahasiswa khususnya di Fakultas Syariah.  Dalam kegiatan pelatihan ini, mahasiswa akan diberikan materi selama 7 hari dan akan mengikuti ujian di hari ke-8. “Bagi mahasiswa yang lulus, kami akan berikan sertifikat sebagai syarat untuk ujian kompre dan proposal skripsi,” terangnya. Sedangkan bagi yang belum lulus, instruktur akan melakukan pembimbingan kembali.

Suasana BTA Fakultas Syariah

“Peserta kegiatan adalah mahasiswa yang menempuh semester paling awal agar para mahasiswa ini punya waktu lebih untuk belajar sebelum sampai pada semester 8,” jelasnya. Empat puluh lima mahasiswa yang mengikuti kegiatan BTA kali ini berada di semester 3 di Fakultas Syariah.

Dihubungi terpisah, Dekan Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Eko Siswanto, M.HI meminta seluruh mahasiswa mengikuti kegiatan ini dengan baik. “Saya berharap ke depan, seluruh mahasiswa Fakultas Syariah dapat membaca dan menulis Alquran dengan baik, khususnya yang awalnya tidak berasal dari pondok pesantren maupun Madrasah Aliyah,” paparnya.  Selain itu ia juga berharap kegiatan ini bisa menjadi Program rutin tiap tahunnya, sehingga dapat meningkatkan  kemampuan baca tulis Al-Quran secara baik dan benar berdasarkan Ilmu Tajwid. Fakultas Syari’ah IAIN Fattahul Muluk Papua telah memiliki 3 Unit Pelaksana Teknis (UPT), yaitu Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LKBHI), Lembaga Baca Tulis Al-Qur’an, dan Lembaga Kajian Kitab Kuning. Ketiga UPT ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai tuntutan lembaga pengguna alumni Fakultas Syari’ah. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments