Berita

Iribaram dan Pengurus Siap Makmurkan Masjid Alhamid

(www.iainfmpapua.ac.id) – Dr. Suparto Iribaram, MA siap memakmurkan Masjid Alhamid di lingkungan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura. Ia menyampaikan hal ini saat memberi sambutan usai dilantik menjadi Ketua Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Alhamid, 18 September 2020.

“Saya berupaya memaksimalkan tugas atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk menjalanan tugas memakmurkan masjid,” jelasnya. Menurut Suparto, ia tidak akan mampu bekerja sendiri dalam menangani program masjid. “Maka dari itu, saya butuh bantuan dan kerjasama semua pihak baik pengurus atau jamaah untuk menjalankan program-program terbaik di masjid kita baik kegiatan rutin maupun kegiatan lain,” paparnya.

Pelantikan Pengurus DKM Masjid

Dalam paparannya, ia ingin menjadikan masjid sebagai tempat aktif berbagi ilmu agama. “Jadi jangan sampai masjid kita terkesan hanya dijadikan tempat kegiatan secara seremonial saja,” urainya.

Dalam perjalanan pengelolaan program di masjid, ia meminta para jamaah tidak segan-segan memberikan koreksi dan saran untuk perbaikan program dan mencapai kemajuan bersama.

Sebagai Pelindung Kepengurusan DKM Masjid, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si meminta para pengurus untuk dapat mewujudkan masjid yang modern. “Artinya, manajemennya harus bagus, upayakan agar ada kurikulum agar masjid kita dapat mewujudkan kemajuan umat kampus dalam hal iman dan takwa dalam berbagai program yang dibuat,” jelasnya.

Menurut Rektor, kurikulum program masjid perlu dibuat agar dapat melengkapi pembelajaran yang sudah didapat jamaah mahasiswa di perkuliahan sehari-hari. “Silahkan programkan secara serius secara rutin, apakah harian tiap senin atau 3 hari sekali dengan metode yang disepakati,” terangnya.

Ia meminta pengurus rajin mengajak dan memotivasi mahasiswa yang tinggal di asrama untuk selalu bergabung dalam berbagai kegiatan di masjid. “Semakin sering kita bikin majelis ilmu, maka semoga Allah kian memudahkan seluruh niat mulia kita untuk mengerjakan kebaikan melalui program-program di masjid,” tutupnya.

Selain Suparto Iribaram sebagai Ketua Pengurus, Rektor juga melantik Dr. H. Moh. Junaidin, MA sebegai Sekretaris Umum, dan Dr. H. M. Yasin Mayalibit, M.Ag sebagai imam masjid, beserta beberapa bidang kepengurusan lainnya. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments