Berita

IAIN Papua Peringati HAB Ke-76 di Kabupaten Sarmi

(iainfmpapua.ac.id) – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kementrian Agama R.I., perwakilan sivitas akademik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua mengikuti upacara bendera di Balai Diklat BKN, Kabupaten Sarmi Papua, 3 Januari 2022.

Rektor bersama Ketua DWP IAIN Papua

Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menuturkan bahwa kegiatan upacara bersama di wilayah Kabupaten Sarmi ini telah menjadi keputusan bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua dan jajaran dalam rapat sebelumnya.

“Peringatan HAB Kemenag merupakan perwujudan dari kebersamaan yang dicanangkan oleh leluhur pendiri Kementerian Agama,” urainya kepada Tim Humas.

Untuk itu, lanjutnya, dibuat HAB gabungan berbagai satuan kerja agar setiap ASN mampu berperan bersama yang lain dalam menyukseskan program moderasi yang dicanangkan Menteri Agama.

Rektor mengikuti rangkaian upacara bendera bersama Wakil Rektor, Kepala Biro, Dekan, Kepala Bagian, jajaran Dharwa Wanita Persatuan dan sejumlah perwakilan lainnya.

Bupati Sarmi Eduard Fonataba menyampaikan amanat Menteri Agama

Dalam amanat inspektur upacara, Bupati Kabupaten Sarmi Drs. Eduard Fonataba, MM memuji para pejabat Kanwil Kemenag Papua, IAIN Fattahul Muluk Papua, dan seluruh jajaran yang telah mengunjungi daerahnya. “Saya mewakili masyarakat Sarmi dari kota hingga 15 pulau yang ada di pesisir mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Bapak Ibu sekalian,” ucapnya.

Membacakan sambutan Menteri Agama, ia menyebutkan peran penting dan strategis Kementerian Agama dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama. “Ada 3 hal positif yang mengalami peningkatan yaitu Indeks Kesalehan Umat Beragama, Indeks Kerukunan Umat Beragama dan Indeks Kepuasan Layanan KUA,” ujarnya. Selain itu, Kementerian Agama juga meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020 dari BPK. “Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016,” tuturnya.

Menteri Agama juga meminta ASN di lingkungan Kementerian Agama menjadikan Lima Nilai Budaya Kerja menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara.

Upacara HAB ke 76 dengan tema ‘Transformasi Layanan Umat’ diikuti unsur pimpinan dan perwakilan dari berbagai instansi di lingkup Kanwil Kementerian Agama Papua seperti IAIN Fattahul Muluk Papua, Mts DDI Sarmi, STAKPN Sentani, Balai Diklat Keagamaan, Kemenag Kabupaten Sarmi, Kemenag Mamberamo Raya, Kemenag Pegunungan Bintang, Kemenag Kerom, Kemenang Kabupaten Jayapura, dan Kemenag Kota Jayapura. (Zul/Her)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments