Berita

PGMI Inovasi Produk Akademik Berbasis IT

(iainfmpapua.ac.id) – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua terus berinovasi membuat produk akademik berbasis information technology (IT). Ketua Prodi PGMI Didik Efendi, M.Pd menegaskan hal ini saat menyampaikan sambutan di acara Halal Bihalal Keluarga PGMI di area Pantai Hamadi, Kota Jayapura, 23 Mei 2021.

Didik Efendi, MPd memberikan sambutan

“Semua produk akademik kami upayakan berbasis IT, ada aplikasi, ada program berbasis komputerisasi dan sejenisnya,” ungkapnya.

Didik menyebutkan bahwa pihaknya membuat model ruang perkuliahan virtual, membuat desain media pembelajaran berbasis IT, melakukan penetrasi eksistensi PGMI ke media sosial secara luas, serta berbagai kiat lain untuk membangun konsep pembelajaran yang cepat dan modern.

“Ini yang akan dicetak di PGMI, sehingga kelak para mahasiswa tidak hanya akan menjadi pendidik atau pengajar, tapi juga menguasai teknologi pembelajaran uptodate dan menguasai konsep media yang sejalan dengan dunia digital,” imbuhnya.

Menurutnya, Prodi PGMI IAIN Fattahul Muluk Papua memiliki dosen dan mahsiswa yang kompak untuk siap menciptakan sumber daya yang handal. Di moment Halal Bihalal Idul Fitri kali ini, ia mengajak mahasiswa PGMI dari semestar awal hingga semester akhir untuk meneruskan kekompakan bersama para dosen dan staf. “Layaknya pelangi, dimana semua warna ada dan menjadi satu sehingga indah dipandang,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Zulihi, M.Ag mengapresiasi pola komunikasi yang dibangun Prodi PGMI. “Ini akan menciptakan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas Prodi,” urainya.

Dr Zulihi, MAg menyampaikan sambutan

Ia berpesan agar Prodi PGMI menambah kerjasama dengan berbagai unit lain di kampus untuk mendapatkan masukan dalam menciptakan produk akademik yang hebat.

“Moment seperti ini harus terus digalakkan untuk mempererat silaturahmi,” pungkasnya.

Dr Suparto Iribaram, MA memberikan motivasi ke mahasiswa

Dalam sesi yang sama, Ketua LP2M Dr. Suparto Iribaram, MA memotivasi kinerja mahasiswa PGMI. “Anda harus mencari generasi penerus, agar ketika terjun ke masyarakat nanti, ada basis dukungan keluarga PGMI yang berkelanjutan,” ujarnya sebagai salah satu Dosen di Prodi PGMI. “Manfaatkanlah moment-moment penting yang ada di Kota Jayapura untuk melakukan sosialisasi keberadaan Prodi PGMI,” tutupnya.

Acara Halal Bihalal ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah Dr. A. Arif Rofiki, M.Pd. Kegiatan yang diikuti para mahasiswa dan dosen Prodi PGMI ini digelar dengan penerapan protokol kesehatan. (Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments