Berita

Polairud Polda Papua Sosialisasi ‘Cinta Bahari’ ke Mahasiswa IAIN FM Papua

(www.iainfmpapua.ac.id) –  Kesatuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Kepolisian Daerah Papua memberikan sosialisasi ‘Cinta Bahari’ kepada mahasiswa asrama Mahad Al Jamiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua di Masjid Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 16 September 2020. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. Suparto iribaram, S.Sos., M.A mengapresiasi kunjungan tim Polairud Polda Papua.

“Sosialisasi cinta bahari ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena ini merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga selalu lingkungan baik di darat maupun di laut,” ujarnya. Selain itu, dalam kegiatan tersebut, Polairud juga memberikan sosialisasi seputar bahayanya paham radikalisme. ”Untuk konteks itu, Kami juga sedang merancang sekolah keragaman di IAIN Fattahul Muluk Papua, kami memberikan program menyelamatkan Pancasila dan menolak radikalisme,” urai Iribaram. Polairud juga memberikan bantuan bahan makanan kepada para mahasiswa terdampak pandemi yang tinggal di asrama kampus.

Suasana Sosialisasi

Anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibnas) Hamadi Bripka Inry Barends mengatakan, kegiatan ini merupakan program Quick Wins Renstra Polri Giat 6 dimana Polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik yang diselenggarakan oleh Direktorat Kepolisian Perairan Dan Udara Polda Papua.

“Jangan sekali-kali membuang sampah di kali, di sungai, di pantai, di laut, atau perairan di sekitar kita karena dapat mencemari lingkungan,” paparnya. Ia mengajak mahasiswa untuk menjaga lingkungan dengan baik. “Sebagai mahasiswa jika melihat ada yang yang meracuni ikan atau mencari ikan dengan bom, segera tegur mereka atau laporkan kepada kami,” ujarnya. Ia menjelaskan pengeboman ikan akan merusak ekosistem yang ada di laut. ”Terumbu karang rusak, ikan punah, dampaknya tidak hanya merugikan diri sendiri, keluarga tapi juga lingkungan sekitar,” terangnya. Ia mengajak mahasiswa untuk bersama-sama mencintai dan menjaga bahari, menjaga kebersihan lingkungan dan bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Jayapura.   

Mahasiswa Asrama saat mendengarkan Sosialisasi

Di kesempatan yang sama, Anggota Bhabinkamtibnas Dok 9 Bripka Hehanussa, mengajak mahasiswa utuk berhati-hati, mewaspadai dan menjaga diri dari pengaruh radikalisme dan menjaga keutuhan Pancasila sebagai ideologi Bangsa. ”Kalian adalah calon pemimpin, di tangan kalianlah bangsa ini menjadi tanggung jawab kalian,” tuturnya. Ia meminta mahasiswa untuk tidak mudah terprovokasi oleh siapapun yang membawa aliran yang berusaha merubah Pancasila. ”Saya mewakili direktur Polair berharap semoga adik-adik mahasiswa tetap semangat dalam belajar,  kelak dapat lulus dengan nilai terbaik, jangan hanya sekedar kuliah tapi niatkan untuk menuntut ilmu, belajar dengan tekun semoga apa yang dicita-citakan dikabulkan oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Acara Sosialisasi dari Polairud Polda Papua ini dihadiri oleh Kepala Ma’had IAIN Fattahul Muluk Papua Moh. Y. Un. Mayalibit, S. Ag.,M.Ag dan para mahasiswa yang tinggal di Asrama IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran).

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments