Berita

Pascasarjana IAIN FM Papua Gelar Kuliah Tamu Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah

(www.iainfmpapua.ac.id) – Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Kuliah Tamu Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah secara online, 29 September 2020.

Dalam pengantarnya, Wakil Direktur PPs IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Miftahul Huda, MH mengatakan, kuliah tamu ini bertujuan untuk menumbuhkan minat menulis mahasiswa Pascasarjana.

Kolase Tangkapan Layar Dr H Miftahul Huda dan Prof Phil Asfa Widiyanto

“Kegiatan ini memberikan panduan dan melatih mahasiswa dalam menulis sehingga sudah siap menyusun dari awal, dan juga berpeluang untuk menumbuhkan sinergi antar mahasiswa Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua,” ujarnya.

Dengan sinergi tersebut, lanjutnya, akan tercipta penelitian yang memiliki kualitas lebih baik dengan kolaborasi dari keahlian masing-masing. “Panduan ini untuk menulis pada jurnal bertaraf nasional maupun internasional yang bereputasi,” paparnya.

Miftahul Huda berharap kuliah tamu ini dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah pada mahasiswa Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua.

Kuliah tamu tersebut menghadirkan Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga Prof. Dr. Phil. Asfa Widiyanto, M.Ag.,M.A sebagai pemateri utama. Dalam paparan onlinenya, Asfa menyampaikan tentang tips and tricks menulis manuskrip jurnal yang baik sehingga dapat diterima dalam jurnal nasional dan jurnal internasional.

“Suatu karya ilmiah harus ditulis secara baik, serta mengikuti kaidah tata bahasa dan strukur penulisan yang benar,” urainya. Selain itu, tambahnya, sebuah artikel harus ditulis dengan penuh strategi agar dapat dimuat dalam jurnal nasional yang bereputasi.

Untuk menulis dalam jurnal ilmiah, Asfa mengajak para mahasiswa dengan memulai memeriksa orisinalitas ide dari artikelnya. “Caranya dengan mengamati beberapa hal, seperti apakah yang akan anda tulis adalah sesuatu yang betul-betul baru dan sangat menarik perhatian masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga meminta para penulis untuk mencermati berbagai hal yang sangat menantang yang sedang terjadi di lingkungan kerjanya untuk dapat dijadikan bahan tulisan ilmiah.

“Adakah kemungkinan hal yang anda kerjakan adalah topik yang sedang hangat dibahas di publik?” tanyanya. Mengutip tulisan Hun-Wei Lee di tahun 2008, Asfa menegaskan bahwa penulis harus menyediakan solusi pada permasalahan sulit yang muncul dalam tema tulisan ilmiah yang diangkatnya. Untuk membantu mendapatkan literatur bahan artikel ilmiah, ia menyarankan para mahasiswa membaca beberapa laman seperti archive.org, academia.edu, booksee.org, dan beberapa website lainnya.

Kuliah Tamu Online: Preparing A Paper For International Journal bertujuan memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan penulisan jurnal pada mahasiswa Pascasarjana Program Studi Hukum Keluarga Islam, dan Program Studi Pendidikan Agama Islam. Kuliah tamu online dengan tema ‘Menuju Publikasi Ilmiah di Jurnal Nasional Bereputasi bagi Mahasiswa Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua’ ini diikuti mahasiswa dan dosen PPs IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran).

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments